Pawai Obor Komunitas Pemuda Surau Bertabur Doorprize

Minggu, 31 Juli 2022, 08:27 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pawai Obor Komunitas Pemuda Surau Bertabur Doorprize
Asisten II Setdakab Agam, Jetson menyalakan obor peserta pawai dalam memeriahkan 1 Muharam di GOR Rang Agam, Sabtu malam. (humas)
AGAM (31/72022)

- Asisten II Setdakab Agam, Jetson mengatakan, pawai peringatan 1 Muharam yang digelar Komunitas Pemuda Surau ini, merupakan pawai perdana yang digelar oleh masyarakat.

"Seingat kami, ini pawai obor pertama yang digelar langsung oleh masyarakat yakni Pemuda Surau. Gagasan seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh pemerintah daerah," ujarnya saat melepas arak-arakan pawai obor dan art (Obar) Sabtu (30/7/2022) malam.

Diungkapkan, kegiatan kemasyarakatan semacam ini perlu terus dilestarikan untuk kedepan. Pihaknya juga berharap, kegiatan yang sama juga dapat dilakukan oleh masyarakat di kecamatan lain.

"Jika hari ini baru di Lubuk Basung diadakan, semoga tahun depan semua kecamatan melakukan kegiatan yang sama, mengisi pertukaran tahun Islam dengan hal yang positif," tutur Jetson yang mewakili Bupati Agam, Andri Warman.

Baca juga: Nolkan Kemiskinan Ekstrem dan Pengarustamaan Gender, Agam Raih Penghargaan Tingkat Rpvinsi

Menurutnya, 1 Muharam memiliki makna tersendiri bagi umat muslim. Untuk itu, kedepan kegiatan pawai semacam ini harus terus dikemas hingga menjadi kegiatan tahunan masyarakat.

"Semoga kegiatan ini makin menambah pengamalan dan pengatuhuan kita, 1 muharam ini tinggi nilainya bagi kaum muslim," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Obar, Fajar Ferdian Pratama mengatakan, pawai obor kali ini berbeda dengan pawai-pawai yang pernah ada.

Pasalnya, arak-arakan obor diselingi dengan atrajsi seni, seperti tambua tansa dan lantunan lagu Islami.

Baca juga: Pawai Obor Daruak Daram II Pecah, Tradisi Terasa Nikmat Dibanding Pesta Kembang Api

"Pada pawai obor ini juga ada unsur seninya, karena seni memiliki makna yang luas. Jadi kami membebaskan peserta untuk berkreativitas, namun tetap dalam koridor Islami," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: