Bio Farma Optimistis Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN Sesuai Target

Senin, 01 Agustus 2022, 19:22 WIB | Bisnis | Nasional
Bio Farma Optimistis Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN Sesuai Target
Seorang tenaga medis tengah menyuntikan vaksin Covid-19 BUMN pada seorang relawan pada tahapan uji klinis fase 3. (istimewa)

JAKARTA (1/8/2022) -- Medical Advisor Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 BUMN, Prof Soedjatmiko memastikan, uji klinis tahap III yang tengah dilaksanakan ini, bertujuan untuk membuktikan bahwa vaksin Covid-19 buatan Bio Farma ini aman, dapat meningkatkan kadar antibodi secara bermakna untuk melawan virus Covid.

"Sehingga diharapkan berkhasiat (effikasi) melindungi subjek dari sakit berat dan kematian karena Covid sesuai standar Badan POM," ungkap Prof Sudjatmiko dalam siaran pers yang diterima, Senin.

Disebutkan, uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 BUMN ini dilaksanakan di empat Center Studi yakni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia di Jakarta, FK Universitas Diponegoro di Semarang, FK Universitas Andalas di Padang dan FK Universitas Hasanuddin di Makassar.

"Ada 4.050 subyek relawan secara nasional. Uji klinis ini masih berjalan dan optimistis akan selesai sesuai jadwal," ungkap Prof Sudjatmiko.

Baca juga: Riau Miliki Mall Vaksinasi Covid-19 dan Imunisasi, Ini Harapan Gubernur

Vaksin Covid 19 BUMN merupakan hasil kerjasama BUMN Farmasi yakni Bio Farma dengan Baylor College of Medicine, USA, yang sudah terdaftar di tahap pengembangan kandidat vaksin WHO Covid-19 sejak Juni 2021 lalu.

Ditegaskan Prof Soedjatmiko, sesuai standard uji klinis vaksin WHO dan BPOM, semua jenis vaksin baru, harus melalui 3 tahapan uji klinis.

"Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang paling umum dilaporkan yaitu nyeri lokal di sekitar area suntik dan nyeri otot dengan intensitas ringan, demam pasca penyuntikan yang akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 hingga 2 hari kedepan," ungkapnya.

Vaksin Covid-19 BUMN yang menggunakan teknologi Subunit Protein Rekombinan (protein receptor binding domain/RBD), harus melalui perjalanan yang panjang, sampai nantinya bisa digunakan.

Baca juga: Juga Digelar di Jeneponto Sulawesi Selatan: 1.725 Relawan Ikuti Uji Klinis Fase Tiga Vaksin Covid-19 BUMN di Sumatera Barat

Bermula di Uji Klinis Fase I untuk mengevaluasi keamanan dan preliminary imunogenisitas vaksin, yang melibatkan 175 subjek berusia mulai dari 18 tahun, dimulai sejak 16 Februari 2022 dengan hasil baik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: