BPNB Padang Gelar Atraksi Seni Budaya dari 5 Danau

Selasa, 02 Agustus 2022, 17:46 WIB | Wisata | Kab. Agam
BPNB Padang Gelar Atraksi Seni Budaya dari 5 Danau
Perwakilan grup seni tradisi akan unjuk kebolehan pada iven Atraksi Seni Budaya dari 5 Danau yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) di tepian Danau Maninjau, Senin. (humas)

AGAM (1/8/2022) -- Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) menggelar Atraksi Seni Budaya dari 5 Danau yang ada di wilayah kerjanya terdiri dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu. Kegiatan ini dipusatkan di Medan Nan Bapaneh, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Senin.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, Undri mengatakan, pada kegiatan ini akan menampilkan kesenian tradisional dari berbagai group seni daerah.

"Group yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 5 danau wilayah kerja BPNB Sumbar yaitu Danau Maninjau, Singkarak, Danau Kembar, Danau Ranau di Sumatera Selatan, dan Danau Dendam Tak Sudah di Bengkulu," ujarnya.

Dikatakan, ke 5 danau tersebut memiliki ciri khas budaya yang berbeda-beda, sehingga budaya tersebut menjadi ciri khas daerahnya masing-masing.

Baca juga: Bupati Agam Dampingi Gubenur Sumbar Sambangi BNPB, Ini Tujuannya

Di antaranya adalah Talempong Uwaik-uwaik dari Grup Pauah Saiyo, Nagari Paninjauan. Indang Solok, dari Grup Indang Merpati Gantuang, Kabupaten Solok. Tari Piring Tradisi dari Grup Sanggar Chinangkiak Saiyo, Kabupaten Solok.

Raudat, dari Sanggar Betri Bukik Barisan, Sumatera Selatan. Dol Buai III (Belinat), dari Sanggar Arasta, Bengkulu. Gandang Tambua Tansa, SMPN 1 Tanjung Raya dan Gandang Tambua Tansa yang dimainkan anak Nagari Sungai Batang.

Menurut Undri, selain untuk mempromosikan kepariwisataan, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional.

"Semoga dengan adanya event ini, diharapkan bisa mengangkat kembali seni dan budaya serta tradisi yang ada daerah kita," harapnya.

Baca juga: BPNB jadikan Novel AR Rizal Film Pendek 'Jimaik Ijah,' Disutradarai Dirmawan Hatta

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Syaifullah mewakili Gubernur Sumatera Barat, secara resmi membuka kegiatan Atraksi Seni Budaya dari 5 danau itu. Pembukaan ditandai dengan pemukulan tambua oleh Syaifullah didamping, Bupati Agam, diwakili Asisten II Setda Agam, Jetson, Kepala BPNB Sumbar, Undri dan lainnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: