Prima Founder Records & Publishing Rilis 12 Artis Starkidz 2022

Al Imran | Selasa, 02-08-2022 | 17:57 WIB | 59 klik | Nasional
<p>Prima Founder Records & Publishing Rilis 12 Artis Starkidz 2022<p>

Artis cilik yang akan mengisi album yang akan dirilis Prima Founder Records & Publishing.

YOGYAKARTA (2/8/2022) - Industri lagu anak Indonesia seakan mati suri. Padahal, lagu anak dapat jadi salah satu media edukasi yang cukup efektif.

"Menyikapi hal itu, Prima Founder Records & Publishing, akan merilis 12 penyanyi cilik yang berhasil terpilih di ajang audisi Starkidz 2022," ungkap salah seorang Owner and Founder Prima Founder Records & Publishing, AM Kuncoro, saat konferensi pers di Yogyakarta, Selasa.

Dikatakan, 12 artis Starkidz 2022 berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka yakni Asyifa Tsalis Nabilah (Ambarawa), Khaira Sierra Sabila (Semarang), Aphrodita Helsa Christiani (Surakarta), Valencio (Ambarawa), Aurelia Sukacita Siadari Ambarawa).


Kemudian, Angelina Adora Vera Felicia (Semarang), Theresia Yulia Citra Widyaningrum (Semarang), Aurora Kyla Kuswara (Semarang), Brigitta Fay Aleta Tama Schouten (Jogja), Charvi Nindya Vanyadanta (Jogja), Yumna Anugerah (Purwokerto), dan Nathanael Gading Adelard Aditia I (Jogja).

Industri lagu anak pada era saat ini, terang dia, tidak begitu menonjol seperti layaknya tahun 90-an, demikian juga dengan industri film yang mengangkat kisah anak-anak. Perkembangan dunia audio dan visual saat ini sudah banyak berbeda.

Penggunaan gadget yang sudah terjangkau oleh anak-anak membawa peran perubahan di bisnis industri hiburan. Namun sayangnya, industri lagu anak tidak merespon perubahan ini dengan cepat sehingga akhirnya tenggelam dengan industri lagu-lagu dewasa yang banyak bertema romantisme dan percintaan.

Menurut AM Kuncoro, kondisi industri lagu anak yang makin tenggelam ini menyebabkan anak-anak lebih banyak menyanyikan lagu dewasa. Hal ini yang jadi keprihatinan Prima Founder Records.

Padahal, minat dan bakat bernyayi semakin banyak tercipta dengan bermunculannya akses sekolah dan kursus menyanyi. Ditambah lagi serangan industri lagu anak dari mancanegara yang menyajikan dengan sangat apik melalui media visual yang begitu masif.

"Inilah yang menjadi alasan utama Prima Founder Records untuk menggali potensi industri lagu anak melalui ajang audisi Prima Founder Starkidz," ungkap dia.

Kuncoro mengatakan, sebagai contoh lima tahun terakhir ini, bila ditanya adakah lagu baru untuk anak-anak, bisa jadi sebagian besar menjawab dengan lagu anak yang berasal dari luar negeri, dan jarang sekali yang menyebut lagu dari Indonesia.

Penggabungan media audio dalam tampilan visual menjadi strategi Prima Founder Records dalam program Starkidz yang diadakan tersebut. Kemasan audio anak-anak yang cocok dengan sosial media tren seperti Tiktok, reel dan short, jadi cara Prima Founder Records untuk membawa artis-artis itu menjangkau kalangan anak-anak yang juga telah familiar dengan media-media tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Rulli Aryanto yang juga merupakan Owner & Founder Prima Founder Records & Publishing mengatakan, ide digelarnya Starkidz didapatkan saat ia duduk berdua dengan AM Kuncoro.

Mereka bicara tentang musik untuk anak-anak yang wadahnya sangat sempit. Oleh karena itu mereka sepakat membuat Starkidz agar menjadi pilihan baru untuk musik Indonesia, khususnya lagu anak.

"Starkidz sukses digelar dari 20 Juni hinga 20 Juli 2022, mulai dari open talent yang selanjutnya diseleksi untuk masuk ke tahap audisi online live Instagram. Di tahap online audisi hanya terseleksi 19 peserta selama 2 hari. Lalu dari 19 terseleksi lagi menjadi 12 peserta, mereka masuk di album lagu Starkidz 2022 dan film pendek yang akan diproduksi Prima Founder Records," ungkap dia.

Menurut Rulli Aryanto, 12 artis tersebut terpilih berdasarkan lebih ke warna dan karakter suara mereka, karena album lagu ini musiknya sudah terkonsep. Jadi secara genre sudah ditentukan dari awal oleh Prima Founder Records.

"Kalau tidak masuk di album lagu Starkidz 2022 ini, tidak berarti gak bagus lho suara peserta lainnya. Hanya saja karena belum pas dengan lagu yang sudah kami tentukan," terang dia.

"Yang ke dua, Starkidz 2022 tidak hanya produksi lagu, karena dari 12 lagu dari album tersebut ini nanti akan dibagi berdasarkan theme song untuk dijadikan soundtrack 3 film pendek dan semua artisnya ikut terlibat di dalamnya," kata Rulli Aryanto.

Tiga Film pendek Starkidz 2022 yang akan dirilis Prima Founder Records & Publishing tersebut berjudul Bumiku Hijau, Contek dan Dolanan.

Film pendek tersebut dikemas dalam paket lengkap. Tidak hanya bernyanyi, tapi juga berakting.

"Musik di album lagu Starkidz 2022 kita kemas sesuai selera market, terutama Youtube dan Tiktok. Tapi kami tidak menghilangkan pesan positif dan edukasi dari masing-masing lagu, digarap oleh Andreas dan di-direct oleh Tety Widiastuti, mereka sebagai produser musiknya."

"Sedangkan Maya Sari Devi sebagai Executive Producer, dan Rulli "jendral" Aryanto & AM Kuncoro sebagai Producer. Album Starkidz 2022 mengangkat karya-karya lagu dari AM Kuncoro dan Rimawan Ardono AS," kata Rulli Aryanto.

Rulli Aryanto juga mengatakan take vocal album Starkidz 2022 akan dilakukan pada tanggal 4, 5 dan 6 Agustus 2022 di Prima Founder Studio - Yogyakarta. Untuk syuting video klipnya akan dilakukan pada tanggal 20 dan 21 Agustus 2022.

Proses kreatif Starkidz dapat diikuti melalui akun Instagram Prima Founder Records. (muhammad fadli)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar