Dikukuhkan Mhd Perismon

PJS Babel Dikukuhkan, Naziarto: Wartawan harus Menguasai Informasi Akurat

Al Imran | Selasa, 02-08-2022 | 21:15 WIB | 109 klik | Nasional
<p>PJS Babel Dikukuhkan, Naziarto: Wartawan harus Menguasai Informasi Akurat<p>

Wakil Ketua Umum DPP Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS), Mhd Presimon dan Naziarto (Sekda Babel) foto bersama pengurus usai pengukuhan DPD PJS Babel di Rumah Media komplek perkantoran gubernur di daerah Air Itam, Kota Pangkalpinang, Selasa.

PANGKALPINANG (2/8/2022) - Wakil Ketua Umum DPP Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS), Mhd Presimon mengatakan, saat ini jumlah media siber (online) berkembang begitu pesat termasuk di negara Indonesia.

"Pertumbuhan media siber yang berkonsekwensi dengan menjamurnya wartawan sebagai pekerja di industri pers, tak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi informasi," ungkap Perismon saat melantik pengurus DPD PJS Bangka Belitung (Babel), di Rumah Media komplek perkantoran gubernur di daerah Air Itam, Kota Pangkalpinang, Selasa.

Presimon berpesan khususnya pada para pengurus DPD PJS Babel, agar mengenyampingkan ego dalam menjalankan organisasi pers. Sementara, untuk mengembangkan PJS di Babel, Perismon memberikan kebebasan penuh bagi para pengurus.


"Silahkan PJS berkembang dan jangan pernah membandingkan dengan organisasi pers lainnya. Kehadiran PJS bukan pesaing, namun mitra organisasi pers lainnya yang telah duluan eksis," ungkap Prismon dalam sambutannya.

Pada pelantikan itu, Rikky Fermana ditetapkan sebagai ketua DPD PJS Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kemudian, Hardi Mardeni dipercaya sebagai sekretaris dan Jefry Oktaviandy (bendahara).

Sebelum pelantikan, susunan kepengurusan PJS Babel periode 2022-2027 dibacakan Bendum DPP PJS, Benny Andreos dan ikut dilantik bersama Rikky Fermana.

Pelantikan ini dihadiri Sekda Babel, Naziarto, Kepala Dinas Komunikasi & Informasi (Kadis Kominfo), Sudarman, Kepala BPOM MUI Babel, Nardi Pratomo, jajaran Forkopimda serta para pimpinan organisasi pers lainnya serta sejumlah jurnalis dari berbagai media.

Dilantik di Rumah Media

Sementara, Naziarto menyatakan, selamat datang atas kehadiran PJS di Babel. Dia juga merasa bangga, pelantikan pengurus PJS Babel digelar di Rumah Media yang terbuat dari bahan kayu dengan desain rumah adat Melayu. Diketahui, bangunan ini dibangun Pemprov Babel untuk dimanfaatkan para pegiat pers.

"Saya sendiri, baru kali ini memasuki Rumah Media sejak bertahun-tahun dibangun," ungkap Naziarto yang juga mantan jurnalis Media Indonesia ini.

Menurut dia, pelantikan PJS Babel di Rumah Media akan lebih memberikan arti dan makna sejarah tersendiri bagi para insan pers, khususnya para pengurus DPD PJS Babel. Menurut dia, komitmen pengurus PJS Babel dilantik di Rumah Media, membuktikan bahwa organisasi wartawan ini ingin berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan apa adanya.

"Mari kita sampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dalam hal pembangunan yang ada di provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini," ajak Naziarto.

Naziarto juga mengharapkan jurnalis yang berhimpun di PJS, menguasai informasi yang akurat sesuai dengan data dan fakta lapangan. Selain itu, juga bekerjasa secara profesional serta mengedepankan kode etik jurnalistik.

"Di atas semua itu, pengurus baik di tingkat provinsi maupun cabang, menjaga nama baik organisasi. Harumkan organisasi PJS Bangka Belitung ini," ajak Naziarto.

Dikesempatan itu, Kadis Kominfo Provinsi Babel, Sudarman mengatakan, pers harus saling bersinergi dengan pemerintah.

Dikesempatan itu, Sudarman menampik, sebagian pejabat maupun aparat sipil negara (ASN) di Babel yang terkesan menjaga jarak dengan para pegiat pers.

Hal ini, menurut dia, dapat menimbulkan dampak komunikasi yang negatif antar kedua belah pihak termasuk proses pertukaran informasi pun tak berjalan sesuai harapan.

"Kita meminta pimpinan OPD, untuk tidak menghindar saat ditemui wartawan. Terlebih, pers merupakan pilar ke-4 demokrasi," ungkap Sudarman. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar