Munawir Pimpin PJS Malut, Ini Pesan Ketum PJS di Pengukuhan

Al Imran | Rabu, 03-08-2022 | 20:07 WIB | 132 klik | Nasional
<p>Munawir Pimpin PJS Malut, Ini Pesan Ketum PJS di Pengukuhan<p>

Plt Ketua Umum DPP Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS), Mahmud Marhaba menyerahkan SK DPD PJS Maluku Utara pada ketua periode 2022-2027, Munawir di Mozaik Cafe, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu.

TERNATE (3/8/2022) - Plt Ketua Umum DPP Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS), Mahmud Marhaba menegaskan, organisasi profesi khusus jurnalis siber ini didirikan untuk mewujudkan wartawan media siber yang tumbuh bak jamur di musim hujan, jadi wartawan berkompeten.

Sehingga, bisa disejajarkan dengan wartawan kompeten lainnya dari organisasi profesi yang telah hadir lebih awal. Visi besar kehadiran PJS ini adalah, jadi mitra strategis Dewan Pers dalam menghilangkan stigma negatif masyarakat terhadap profesi wartawan.

"PJS siap melucuti stempel wartawan abal-abal yang selama ini diberikan pada mereka yang belum berkesempatan ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Inilah yang menjadi program utama PJS dibidang pendidikan dan pelatihan. PJS akan memberikan pembekalan agar rekan-rekan bisa segera jadi wartawan kompeten," tegas Mahmud yang juga ahli Dewan Pers itu pada pengukuhan pengurus DPD PJS Maluku Utara, Rabu.


Mahmud pun memberikan apresiasi terhadap pemahaman pengurus dan anggota PJS Malut terhadap kehadiran organisasi profesi seperti PJS.

"Saya senang, pengurus dan anggota memahami benar perbedaan antara organisasi perusahan pers dan organsiasi profesi wartawan," ungkap Mahmud yang jadi salah satu backbone (tulang punggung) menghantarkan organisasi perusahan pers, JMSI jadi konstituen Dewan Pers pada awal 2021 lalu.

Mahmud merasa bangga atas pemahaman dan konsistensi rekan-rekan wartawan di Maluku Utara, yang mampu menangkal segala pemikiran sesat terhadap kehadiran PJS.

"Kedewasaan menganalisa dari pengurus PJS Maluku Utara ini terkait perbedaan organisasi profesi dan perusahan pers, akhirnya mementahkan segala pressure dari orang-orang yang tidak suka atas kehadiran PJS," ungkap Mahmud dalam pengarahannya yang didampingi Ketua DPP PJS, Rahman Mustapa.

Dikatakan, PJS kini telah hadir di 23 provinsi, setelah calon pengurus DPD PJS Sulawesi Tengah ikut berkomitmen mendirikan PJS di daerahnya.

"Bagaikan bola salju, kehadiran PJS disetiap daerah berkembang cepat sehingga target konsolidasi PJS di 30 provinsi segera terwujud hingga akhir tahun ini," ungkap Mahmud mengakhiri sambutannya sembari menyerahkan SK Pengurus DPD PJS Maluku Utara.

Konsolidasi di Provinsi ke-6

Maluku Utara merupakan DPD ke-6 yang dikunjungi Pengurus DPP PJS untuk memberikan penguatan terhadap kehadiran PJS di daerah.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan pengukuhan Pengurus DPD PJS Maluku Utara yang memberikan amanah pada Munawir sebagai ketua untuk periode 2022-2027.

Dalam sambutannya, Munawir mengharapkan, kehadiran PJS akan menerbitkan warna di daerah ini untuk mewujudkan visi PJS menjadikan pengurus dan anggota jadi jurnalis kompeten.

"Visi PJS harus kita wujudkan di daerah ini, menjadikan wartawan kompeten yang juga merupakan program Dewan Pers melalui lembaga penguji UKW. Apalagi, Ketum kita ini salah seorang penguji UKW di UPN Veteran Yogyakarta," ungkap Munawir pada pengukuhan yang digelar di Mozaik Cafe, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu.

Harapan yang sama disampikan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Malut, Iksan Arsyad. Dia menyebut, kompetensi wartawan jadi harapan para pekerja pers di Maluku Utara.

"Ini tentu harapan bersama kita semua, agar banyak lahir wartawan kompeten di daerah ini," tegas Iksan dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pengprov Malut, Rahwan Kasuamba mengharapkan, agar PJS yang dikukuhkan hari ini, mampu memberikan nilai tambah atas penyampaian program pemerintah daerah ke masyarakat.

"Wartawan merupakan ujung tombak pemberi informasi positif ke publik. Sebagai mitra pemerintah, PJS diharapkan mampu mewujudkan pilar demokrasi ke-4 di tanah air," ungkap Rahwan. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar