Munawir Pimpin PJS Malut, Ini Pesan Ketum PJS di Pengukuhan

Rabu, 03 Agustus 2022, 20:07 WIB | News | Nasional
Munawir Pimpin PJS Malut, Ini Pesan Ketum PJS di Pengukuhan
Plt Ketua Umum DPP Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS), Mahmud Marhaba menyerahkan SK DPD PJS Maluku Utara pada ketua periode 2022-2027, Munawir di Mozaik Cafe, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu.

TERNATE (3/8/2022) - Plt Ketua Umum DPP Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS), Mahmud Marhaba menegaskan, organisasi profesi khusus jurnalis siber ini didirikan untuk mewujudkan wartawan media siber yang tumbuh bak jamur di musim hujan, jadi wartawan berkompeten.

Sehingga, bisa disejajarkan dengan wartawan kompeten lainnya dari organisasi profesi yang telah hadir lebih awal. Visi besar kehadiran PJS ini adalah, jadi mitra strategis Dewan Pers dalam menghilangkan stigma negatif masyarakat terhadap profesi wartawan.

"PJS siap melucuti stempel wartawan abal-abal yang selama ini diberikan pada mereka yang belum berkesempatan ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Inilah yang menjadi program utama PJS dibidang pendidikan dan pelatihan. PJS akan memberikan pembekalan agar rekan-rekan bisa segera jadi wartawan kompeten," tegas Mahmud yang juga ahli Dewan Pers itu pada pengukuhan pengurus DPD PJS Maluku Utara, Rabu.

Mahmud pun memberikan apresiasi terhadap pemahaman pengurus dan anggota PJS Malut terhadap kehadiran organisasi profesi seperti PJS.

"Saya senang, pengurus dan anggota memahami benar perbedaan antara organisasi perusahan pers dan organsiasi profesi wartawan," ungkap Mahmud yang jadi salah satu backbone (tulang punggung) menghantarkan organisasi perusahan pers, JMSI jadi konstituen Dewan Pers pada awal 2021 lalu.

Mahmud merasa bangga atas pemahaman dan konsistensi rekan-rekan wartawan di Maluku Utara, yang mampu menangkal segala pemikiran sesat terhadap kehadiran PJS.

"Kedewasaan menganalisa dari pengurus PJS Maluku Utara ini terkait perbedaan organisasi profesi dan perusahan pers, akhirnya mementahkan segala pressure dari orang-orang yang tidak suka atas kehadiran PJS," ungkap Mahmud dalam pengarahannya yang didampingi Ketua DPP PJS, Rahman Mustapa.

Dikatakan, PJS kini telah hadir di 23 provinsi, setelah calon pengurus DPD PJS Sulawesi Tengah ikut berkomitmen mendirikan PJS di daerahnya.

"Bagaikan bola salju, kehadiran PJS disetiap daerah berkembang cepat sehingga target konsolidasi PJS di 30 provinsi segera terwujud hingga akhir tahun ini," ungkap Mahmud mengakhiri sambutannya sembari menyerahkan SK Pengurus DPD PJS Maluku Utara.

Konsolidasi di Provinsi ke-6

Maluku Utara merupakan DPD ke-6 yang dikunjungi Pengurus DPP PJS untuk memberikan penguatan terhadap kehadiran PJS di daerah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: