Pengembangan Pelabuhan Panasahan, KSOP dan KPKNL Padang Chek Area Stockpile

Rabu, 03 Agustus 2022, 23:02 WIB | Bisnis | Kab. Pesisir Selatan
Pengembangan Pelabuhan Panasahan, KSOP dan KPKNL Padang Chek Area Stockpile
Tinjauan lapangan rombongan KSOP dan KPKNL ke Pelabuhan Panasahan Painan, Rabu. (tusrisep)

PESISIR SELATAN (3/8/2022) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang melakukan tinjauan lapangan ke Pelabuhan Panasahan Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu.

Peninjauan tersebut, dalam upaya pengecekan dan penilaian terkait kesiapan lokasi stockpile (lapangan penumpukan) di lokasi.

"Kita (KSOP) bersama tim Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Padang, melakukan peninjauan serta penilaian terhadap stockpile yang akan disewa investor pengelola," ungkap Kepala KSOP Padang, Wigyo, di Painan, Rabu.

Di lokasi pelabuhan, terangnya, ada sejumlah infrastruktur fasilitas pelabuhan. Seperti area stockpile, dermaga, fasilitas labuh, gedung kantor dan lainnya. "Nah, ini yang kita hitung," ucap Wigyo seputar kunjungan lapangannya ini.

Baca juga: PILKADA PESSEL: KPU Rekrut 75 Orang Calon PPK

Sedangkan untuk dermaga, terang dia, pengecekan dan penilaian nantinya akan digunakan PP No 15 Tahun 1983 tentang Perusahaan Umum Pelabuhan.

Hasil penilaian ini, akan diproses dan dihitung tim KPKNL. Selanjutnya, disampaikan ke KSOP untuk diteruskan ke Dirjen Perhubungan Laut.

"Dirjen nantinya akan mengeluarkan persetujuan penetapan tarif sewa. Setelah itu, barulah dilakukan kerjasama kontrak," jelas Wigyo.

Jadi, pengembangan pelabuhan panasahan ini masih menunggu proses. Tapi, kalau dilihat ini sudah sangat baik.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Hakim Tolak Dakwaan Dugaan Ijazah Palsu Caleg PPP

"Kesimpulannya, pelaksanaan pengoperasian pelabuhan ini setelah kontrak berjalan antara KSOP dengan pengelola bisa langsung dilaksanakan," papar Wigyo.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: