Peringatan Hari Anak 2022, Erman Safar: Bukittinggi Kekurangan Taman Bermain

Al Imran | Kamis, 04-08-2022 | 21:16 WIB | 142 klik | Kota Bukittinggi
<p>Peringatan Hari Anak 2022, Erman Safar: Bukittinggi Kekurangan Taman Bermain<p>

Wako Bukittinggi, Erman Safar menyerahkan bantuan spesifik untuk 10 anak berkebutuhan khusus dari Forkesi dan bantuan spesifik dari wali kota pada peringatan Hari Anak Nasional 2022, Kamis. (hamriadi)

BUKITTINGGI (4/8/2022) - Pengurus Forum Anak Bukittinggi, Shiren menjelaskan, peringatan hari anak nasional tahun 2022 ini, salah satunya bertujuan untuk memenuhi hak anak dalam mewujudkan generasi emas yang berkarakter.

"Forum Anak Bukittinggi, juga mendorong pemerintah dan seluruh pihak untuk kerja aktif dalam pemenuhan hak anak," ungkap Shiren pada peringatan Hari anak Nasional 2022 di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Kamis.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat, berperan untuk menyelamatkan anak dari seluruh bentuk pelanggaran terhadap hak-hak anak. "Mari wujudkan anak terlindungi, Bukittinggi hebat, Indonesia maju. Stop bullying, diskriminasi, ciptakan anak anak Bukittinggi yang sehat, cerdas, berakhlak dan gembira," ujarnya.


Sementara, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan, Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Forkopimda akan selalu melindungi anak anak bangsa dari seluruh bentuk kejahatan, penyakit sosial yang dapat merusak moral dan masa depan mereka.

"Bukittinggi saat ini, memiliki permasalahan kurangnya tempat bermain anak. Di tahun anggaran 2023 mendatang, Pemko akan siapkan penambahan tempat bermain anak," ungkap Erman.

Erman menambahkan, Pemko akan pelajari formula untuk memaksimalkan hari anak bersama keluarga pada hari Sabtu dan Minggu.

"Setiap anak sudah sibuk sekolah mulai dari Senin hingga Jumat. Kita akan pelajari bagaimana Sabtu dan Minggu itu, anak memiliki waktu lebih bersama orang tua dan keluarga mereka," ujar dia.

Kedepan, kegiatan kota untuk hari besar, akan terus melibatkan anak anak. Hal ini akan mendukung Bukittinggi Kota Pariwisata dan Berbudaya, sekaligus mendukung Bukittinggi Kota Layak Anak.

"Selamat Hari Anak Nasional, semoga jadi anak yang hebat dan jadi pemimpin di masa yang akan datang," pesan Wako.

Dikesempatan itu, juga diserahkan bantuan spesifik untuk 10 anak berkebutuhan khusus dari Forkesi dan bantuan spesifik dari wali kota.

Selain itu, juga diumumkan hasil perlombaan sekolah ramah anak, pelayanan ramah anak dan kelurahan layak anak. Penyerahan bantuan satu set alat musik.

Melansir dari situs resmi Kemenppa RI, Hari Anak Nasional (HAN) 2022 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan tagline #PeduliPascaPandemiCOVID19, #AnakTangguhPascaPandemiCOVID19, #AnakTangguhIndonesiaLestari.

Meskipun dilaksanakan dalam masa pandemi Corona, diharapkan HAN 2022 dapat menjangkau lebih banyak anak-anak di seluruh Indonesia.

Di samping itu, ada beberapa tujuan khusus dalam pelaksanaan Hari Anak Nasional, di antaranya:

  • Memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa
  • Mendorong pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa menjadi leading sector untuk melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak
  • Mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030
  • Meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan positif
  • Menurunkan angka kekerasan terhadap anak
  • Mencegah dan menurunkan angka pekerja anak atau anak yang dieksploitasi secara ekonomi.
  • Memastikan anak tetap mendapatkan hak belajar, bermain dan bergembira pasca pandemi COVID-19 sehingga tidak terjadi perkawinan di usia anak. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar