Audy: Pengangguran dari Perguruan Tinggi Lebih Tinggi dari Lulusan SMA

Al Imran | Kamis, 04-08-2022 | 23:01 WIB | 214 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Audy: Pengangguran dari Perguruan Tinggi Lebih Tinggi dari Lulusan SMA<p>

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memberikan arahan saat membuka rapat koordinasi Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Provinsi Sumbar, di Padang, Kamis. (humas)

PADANG (4/8/2022) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menjelaskan, transformasi era digital telah menghapus banyak sekali pekerjaan yang sebelumnya digeluti oleh ratusan ribu tenaga kerja.

Namun, perubahan yang sama telah melahirkan jauh lebih banyak jenis pekerjaan yang dapat menjadi mata pencarian baru bagi kaum millenial dan Gen Z.

"Menurut riset, lebih kurang 4 ribu pekerjaan hilang, tapi ada lebih dari 10 ribu pekerjaan baru tercipta. Artinya, semakin banyak peluang terbuka, tinggal bagaimana kita mampu berkreasi dan berinovasi," kata Audy di Padang, Kamis.


Pernyataan itu disampaikan Audy saat membuka rapat koordinasi Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Provinsi Sumbar.

Dalam pertemuan yang dihadiri seluruh Kepala Dinas Nakertrans tingkat kabupaten dan kota di Sumbar tersebut, dia menekankan mengenai perubahan yang terjadi di bidang ketenagakerjaan.

Selain itu, Audy mengatakan, jumlah pengangguran dari lulusan perguruan tinggi lebih tinggi daripada lulusan sekolah menengah.

Fenomena ini, menurutnya, disebabkan banyak pekerjaan baru tidak memerlukan ijazah sarjana. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri pemerintah.

"Menjawab tantangan tersebut, Pemprov Sumbar saat ini tengah berupaya mengubah mindset generasi muda dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja," ungkapnya.

"Di provinsi, kami mengembangkan program 100 ribu millenial entrepreneur dan woman entrepreneur, bukan hanya di dinas tenaga kerja tapi di seluruh OPD. Ini juga perlu dukungan dari program di dinas-dinas kota dan kabupaten," lanjutnya.

Dia berharap, pertemuan antara kepala dinas ketenagakerjaan dari seluruh kota dan kabupaten tersebut dapat jadi ajang untuk saling bertukar inspirasi melalui ide-ide keratif dan inovatif yang sudah diterapkan di kota dan kabupaten masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumatera Barat, Nizam Ul Muluk menyampaikan, rapat koordinasi tersebut merupakan rapat koordinasi yang ketiga.

Sebelumnya rapat koordinasi ketenagakerjaan dan transmigrasi juga telah dilaksanakan untuk membahas kemitraan pemerintah daerah untuk penempatan tenaga kerja asal Sumbar di luar negeri maupun di luar daerah. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar