200 Pecatur Ikuti Open Turnamen Catur Bupati Agam Cup I

Sabtu, 06 Agustus 2022, 19:30 WIB | Olahraga | Kab. Agam
200 Pecatur Ikuti Open Turnamen Catur Bupati Agam Cup I
Pengurus Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Sumatera Barat, Azraf Zawir WN didampingi Panitia Pelaksana Open Turnament Catur Bupati Agam Cup I, Hendra Sadri melihat pecatur saling adu strategi di laga pembukaan, Sabtu. (humas)

AGAM (6/8/2022) - Turnamen catur yang digelar Percasi Agam, jadi salah satu penanda majunya Sumber Daya Manusia (SDM) di Luhak nan Tuo ini.

Hal itu dikatakan Pengurus Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Sumatera Barat, Azraf Zawir WN, saat membuka Open Turnamen Catur Bupati Agam Cup I, Sabtu. Sebanyak 200 pecatur yang berasal dari berbagai daerah di Pulau Sumatera mengikuti iven ini.

"Biasanya kalau kemana-mana, saya selalu menyampaikan jadikan catur untuk peningkatan SDM. Tapi kali ini, saya cukup grogi di Agam, open turnamen ini sudah membuktikan bahwa SDM di Agam sudah maju," kata Azraf Zawir saat membuka kejuaraan di Lubuk Basung.

Menurut Azraf, Agam sejak dulu memang dikenal sebagai daerah pencetak tokoh-tokoh hebat. Bahkan dikatakan, Agam merupakan salah satu pusat peradaban Minangkabau.

Baca juga: Perlengkapan Pertandingan Minim: 112 Pecatur Tingkat Pelajar Ikuti Percasi Cup I

"Banyak tokoh-tokoh yang lahir di sini, Bung Hatta, Agus Salim, Hamka dan masih banyak lagi. Agam merupakan salah satu luhak di Minangkabau," katanya.

Disampaikan, open turnamen catur Bupati Agam Cup I juga merupakan salah satu ajang mencetak para pecatur andal. Untuk itu, pihaknya mengapresisi iven yang digagas Percasi Agam dan pemerintah daerah itu.

"Terima kasih pak bupati, sudah ada Bupati Agam Cup I. Semoga ada lagi kelanjutannya untuk tahun-tahun kedepan," harap dia.

Dia juga mengapresiasi panitia yang mampu menghadirkan para pecatur dari Pulau Sumatera dan Jawa. Bahkan, pihaknya merasa kaget dengan total peserta mencapai 200 orang.

"Tadi saya melihat ada pecatur yang dari Jawa, Aceh, Jambi. Turnamen ini layak disebut turnamen Sumatera dan Jawa," sebutnya.

Dia juga berharap, melalui iven yang digelar Kabupaten Agam dapat kembali mengirim atlet-atlet catur di ajang yang lebih tinggi. Menurutnya, mencetak pecatur andal merupakan tantangan bagi Percasi Agam.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: