Catur Mengasah Keterampilan Menganalisis dan Kemandirian

Al Imran | Minggu, 07-08-2022 | 12:34 WIB | 279 klik | Kab. Agam
<p>Catur Mengasah Keterampilan Menganalisis dan Kemandirian<p>

Kepala BKPSDM, Yunilson

AGAM (7/8/2022) -Dalam permainan catur sangat dibutuhkan strategi dan keahlian dalam membaca arah permainan lawan.

Sehingga, selain olahraga sarat prestasi, catur juga memiliki segudang manfaat bagi para pecatur.

Hal itu disampaikan Bupati Agam, Andri Warman melalui Kepala BKPSDM, Yunilson saat membuka open turnament catur Bupati Agam Cup I yang digagas Percasi Agam, Sabtu.


Menurutnya, permainan catur bukan sekadar cabang olahraga semata. Pasalnya, permainan catur memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan, karakter maupun kehidupan bermasyarakat.

Dikatakan, permainan catur dapat meningkatkan fungsi otak, melatih kesabaran, meningkatkan konsentrasi, mengembangkan pemikiran logis, meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas.

"Permainan catur juga mengajarkan kemandirian dalam mengambil keputusan, mengembangkan kemampuan menganalisa dan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi pada sebuah keputusan," tuturnya.

Menurutnya lagi, filosifi catur jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan pengaruh terhadap karakter seseoang.

Sebab, catur adalah bagaimana mengatur strategi dalam kehidupan.

"Untuk itu kepada para pelajar yang mengikuti turnamen ini teruslah berlatih dengan tekun, asah kemampuan, pasanglah tekad untuk menjadi atlet profesional yang akan mengharumkan nama Indonesia," ucapnya.

Pada kesempatan itu, dia juga menyambut secara khusus para pecatur yang berasal dari luar daerah. Dia juga mengajak para peserta untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Agam.

"Mumpung sudah di sini, kunjungilah destinasi wisata Agam yang sangat beragam. Selamat bertanding dan selamat menikmati keindahan alam," ujarnya.

Diketahui, open turnament catur Bupati Agam Cup I diikuti sebanyak 200 peserta yang berasal dari sejumlah daerah di pulau Sumatera.

Bagi para pemenang nantinya, panitia menyediakan total hadiah puluhan juta rupiah. Pemenang non-master peringkat pertama bakal menerima uang tunai Rp2,5 juta, kedua Rp2 juta, ketiga Rp1 juta, keempat Rp600 ribu, kelima Rp400 ribu, juara 6-10 masing-masing Rp200 ribu.

Sementara untuk SMP dan SMA hadiah masing-masing, peringkat pertama Rp500 ribu, kedua Rp400 ribu, ketiga Rp300 ribu, peringkat 4-10 masing-masing Rp100 ribu. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar