Gulo-gulo Tareh, Menu Wajib Urang Awak Generasi 90-an yang masih Dijual di Pasar Atas Bukittinggi

Al Imran | Minggu, 07-08-2022 | 18:33 WIB | 455 klik | Kota Bukittinggi
<p>Gulo-gulo Tareh, Menu Wajib Urang Awak Generasi 90-an yang masih Dijual di Pasar Atas Bukittinggi<p>

Gulo-gulo Tareh yang dikemas secara sederhana oleh PKL di dekat Jenjang 40 Pasar Atas Bukittinggi. (hamriadi)

BUKITTINGGI (7/8/2022) - Gulo-gulo (permen-red) ini dibuat dari bahan baku alami. Yakni gula aren yang dicetak dalam bentuk bulatan ukuran kecil. Dijual dengan tambahan tepung yang ditaburi di seluruh bagiannya.

Ya, Gulo-gulo Tareh namanya. Generasi 1990-an hingga 2000-an awal di Sumatera Barat, masih jadikan penganan ini menu utama untuk dicicipi setiap hari, terutama di saat sekolah. Harganya yang manenggang (tak mahal-red) serta jumlahnya yang banyak, jadi salah satu alasan setiap anak sekolah untuk selalu membelinya.

Selain itu, karena terbuat dari gula aren, membuat tubuh jadi lebih bertenaga. Sebab, gula yang kerap disamakan dengan brown sugar ini, diketahui memiliki lebih banyak kandungan nutrisi jika dibandingkan jenis gula lainnya.


Sayang, gempuran aneka iklan permen, membuat pesona Gulo-gulo Tareh ini meredup. Dia makin parah, karena para orang tua juga tak lagi menjadikan penganan ini untuk disantap buah hatinya. Gempuran iklan permen pabrikan, telah menghilangkan Gulo-gulo Tareh ini dari memori banyak orang.

Walaupun begitu, wisatawan yang menemukan penjual Gulo-gulo Tareh di Bukittinggi, tak jarang yang langsung membelinya. Kenanganan masa lalu, mungkin jadi salah satu alasan untuk singgah membelinya.

"Rasanya lebih otentik dan sulit ditemui di jajanan atau cemilan-cemilan inovasi terbaru di masa sekarang," ucap Yesi, seorang wisatawan asal Pekanbaru, setelah mencicipi Gulo-gulo Tareh ini, di sebuah lapak PKL di dekat Jenjang 40 kawasan Pasar Atas Bukittinggi, Ahad siang.

Di deretan los ini, memang diisi oleh pedagang penganan khas Bukittinggi maupun Agam. Mulai dari kerupuk sanjai, kerupuk angka 8 (karak kaliang-red), kerupuk talas dan lainnya, banyak dijajakan ke pengunjung pasar terutama wisatawan.

Menurut Asnimar, salah seorang pedagang Gulo-Gulo Tareh di kawasan itu,cemilan ini adalah makanan tradisional Bukittinggi yang dijual di pasar, terutama di pasar tradisional ini.

Asnimar mengaku, sudah berjualan Gulo-gulo Tareh sejak 25 tahun lalu. "Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga sore. Mau Gulo-gulo Tareh, ayok singgah," ucapnya, Ahad.

Untuk harga, Asnimar mengaku tak begitu mahal. Kantong ukuran kecil, dijual dengan harga Rp5.000. sedangkan kantong ukuran lebih besar, Gulo-gulo Tareh bisa dibeli dengan harga Rp10.000.

"Untuk isi, jumlahnya dikira-kira saja. Tak dihitung pula berapa banyaknya," ungkap Asnimar.

Dikutip dari alodokter, beberapa nutrisi yang terkandung di dalam gula aren adalah kalium, zat besi, serat, magnesium, dan antioksidan. Tak hanya itu, gula aren juga memiliki kandungan lemak dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Akan tetapi, kandungan nutrisi tersebut hanya tersedia dengan kadar yang kecil. Satu-satunya nutrisi dalam gula aren yang kadarnya tinggi adalah kalium.

Beragam Manfaat Gula Aren

Karena lebih bergizi dibandingkan gula pasir biasa, gula aren dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Menjaga kadar gula darah

Dibandingkan jenis gula lainnya, gula aren memiliki indeks glikemik rendah. Ini artinya, kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat saat mengonsumsi gula aren. Efek ini baik bagi penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

Namun, belum ada penelitian yang dapat memastikan bahwa gula aren mampu mencegah kenaikan atau mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, manfaat gula aren untuk diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang bisa menimbulkan komplikasi serius, seperti stroke, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Untuk mengontrol tekanan darah, seseorang perlu menjalani pola hidup sehat dan salah satunya adalah mengurangi asupan garam dan memperbanyak konsumsi makanan bergizi.

Salah satu nutrisi dalam gula aren, yaitu kalium, diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Meski begitu, Anda tidak disarankan memenuhi asupan kalium sepenuhnya dari gula ini, sebab asupan gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan gigi rusak dan obesitas.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kalium diketahui baik untuk kesehatan tulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa mencukupi asupan kalium setiap harinya bisa menjaga keseimbangan kadar kalsium dalam tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang memastikan efektivitas gula aren dalam memelihara kesehatan tulang. Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium, serta berolahraga secara rutin agar tulang tetap sehat.

4. Menurunkan risiko batu ginjal

Batu ginjal terdiri dari berbagai jenis dan salah satunya adalah batu yang terbentuk dari endapan kalsium. Sebuah studi menyatakan bahwa kekurangan asupan kalium bisa meningkatkan risiko terbentuknya endapan kalsium di ginjal, sehingga menyebabkan batu ginjal.

Nah, untuk mencegah batu ginjal, Anda disarankan mencukupi kebutuhan kalium setiap hari. Jumlah asupan kalium yang dianjurkan untuk orang dewasa sehat per hari adalah sekitar 3.500--4.700 mg. Nutrisi kalium tersebut dapat pula Anda peroleh dengan mengonsumsi gula aren.

Bahaya Konsumsi Gula Aren secara Berlebihan

Meski memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dan dianggap lebih sehat daripada gula biasa, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi gula aren secara berlebihan. Hal ini karena gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang tinggi sehingga tetap dapat meningkatkan kadar gula darah bila dikonsumsi terlalu banyak.

Penting pula untuk Anda ingat bahwa asupan gula yang berlebihan tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi dan obesitas, tetapi juga meningkatkan risiko terkena diabetes, gangguan ginjal, dan penyakit jantung. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar