Kafein Kopi Bermanfaat untuk Kesehatan, 12 Pengidap Kondisi Tertentu Wajib Waspada, Terutama No 11

Selasa, 09 Agustus 2022, 10:39 WIB | Kuliner | Nasional
Kafein Kopi Bermanfaat untuk Kesehatan, 12 Pengidap Kondisi Tertentu Wajib Waspada,...
Dua coffee lover asal Sumatera Barat, Muhammad Taufik dan Irwandy. (fb irwandy)

MANFAAT kopi hitam tanpa gula terletak pada kandungan antioksidannya. Ketika dinikmati dalam jumlah sedang, kopi hitam tanpa gula memperkenalkan antioksidan yang bermanfaat ke dalam sistem tubuh.

Antioksidan dapat menyeimbangkan stres oksidatif dalam tubuh serta membantu meminimalkan risiko penyakit. Kopi hitam kaya akan vitamin B seperti B2, B3, dan B5. Ini juga merupakan sumber yang kaya kalium, magnesium dan mangan.

Minum kopi berkafein atau tanpa kafein dalam jumlah sedang (kurang dari empat cangkir setiap hari-RED) telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah.

Sangat penting untuk mengurangi gula sepenuhnya, karena karbohidrat sederhana ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan gula darah dan resistensi insulin.

Manfaat kopi hitam tanpa gula yaitu mengandung kafein, stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dapat memberi dorongan energi jangka pendek yang mengarah pada peningkatan kinerja mental dan fisik.

Jika Anda membutuhkan kesadaran tambahan di pagi hari, harus memenuhi tenggat waktu untuk bekerja atau sekolah, atau jika merasa lelah, kopi dapat membantu Anda menjalani hari.

Bebagai penelitian telah membuktikan bahwa kopi bermanfaat bagi kesehatan mulai dari mengurangi risiko prostat, mengurangi risiko gagal jantung, bahkan menurunkan risiko gangguan pendengaran.

Meminum dark roast bahkan diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Namun bagi orang-orang tertentu, kopi justru lebih banyak menimbulkan efek samping negatif dibandingkan positif.

Dilansir Eat This Not That, Sabtu (6/8/2022), berikut beberapa kondisi tertentu yang tak disarankan minum kopi:

1. Orang dengan IBS

Ahli gizi diet terdaftar yang berbasis di Seattle dan mantan presiden Washington State Academy, Angels Planells, mengatakan kafein bisa meningkatkan keteraturan usus, termasuk meningkatkan diare (gejala utama sindrom iritasi usus besar atau IBS). Jadi jika Anda memiliki IBS, dianjurkan untuk membatasi atau menghindari minuman berkafein.

2. Orang dengan Glaukoma Planells

Planells mengatakan, tekanan intraokular meningkat bagi mereka yang menderita glaukoma saat mengonsumsi kopi. Jadi dianjurkan untuk membatasi atau menghindari asupan kafein, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: