Mendagri Ingatkan Potensi Deep Darknas di Penutupan Rakernas Apeksi 2022

Rabu, 10 Agustus 2022, 18:36 WIB | News | Nasional
Mendagri Ingatkan Potensi Deep Darknas di Penutupan Rakernas Apeksi 2022
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian memberikan sambutan pada penutupan Rakernas XV Apeksi di Padang, Selasa. (humas)

PADANG (10/8/2022) -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi para wali kota yang telah berjibaku menjalankan pemerjntahan di daerahnya masing-masing ditengah berbagai pembatasan akibat pandemi Covid-19.

"Saat ini, banyak daerah yang telah mulai bangkit kembali seiring semakin melandainya kasus Covid dan semakin meningkatnya imunitas masyarakat," ungkap Tito saat menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di Kota Padang, Selasa.

Pandemi, terangnya, telah mengajarkan sisi kepemimpinan yang baik. Bagaimana me-manage ditengah segala keterbatasan. "Semua kepala daerah mengalaminya. Karena itu saya sangat apresiasi kepala daerah yang telah sukses melewati masa krisis," kata Tito.

Untuk lebih memperkuat ekonomi daerah, Tito mengajak para kepala , untuk memberikan perhatian penuh pada sektor perekonomian melalui aktifasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan juga aktivasi Satgas Pangan Daerah masing-masing.

Baca juga: Musrenbang Terintegrasi Sumbar 2024, Gubernur: Momentum Menyusun Mimpi Besar Sumbar 2045

"Tolong tugaskan pada TPID dan Satgas Pangan, monitor setiap hari harga pangan. Sebab, pangan ini faktor utama inflasi," terangnya.

Diprediksi, beberapa tahun kedepan akan terjadi gejolak ekonomi yang lebih besar, dikenal dengan istilah deep darkness. "Jadi, tolong ini jadi perhatian serius. Jika ada persoalan pangan di daerahnya, itu berarti kepala daerahnya tidak bekerja," ucap Tito.

Selain itu, Mendagri juga mengimbau kepala daerah, untuk dapat memanfaatkan kewenangannya dalam upaya memaksimalkan potensi daerah agar daerah mandiri secara fiskal.

Apeksi Bantu Ekonomi Daerah Bergerak

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Senada, Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam sambutannya juga mengapresiasi capaian positif dengan adanya Rakernas Apeksi di Padang. Menurut dia, semangat kebangkitan daerah pasca pandemi perlu terus dirawat melalui berbagai kegiatan dan inovasi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: