Praja IPDN Baso akan Dikenalkan Budaya Agam, Ini Targetnya

Kamis, 11 Agustus 2022, 10:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Praja IPDN Baso akan Dikenalkan Budaya Agam, Ini Targetnya
Bupati Agam, Andri Warman foto bersama Tun Huseno (Direktur IPDN Baso) foto bersama usai silaturahmi di rumah dinas bupati, Rabu. (humas)
AGAM (10/8/2022)

- Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sumatera Barat lirik potensi kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Agam, untuk dijadikan fokus kegiatan pengenalan budaya bagi praja.

Ketertarikan IPDN Baso itu terungkap, saat Direktur IPDN Sumatera Barat, Dr Tun Huseno temu ramah dengan Bupati Agam, Dr Andri Warman di Lubuk Basung, Rabu.

Dikatakan Tun Huseno, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) praja terutama untuk mengenalkan budaya yang dimiliki Agam.

"Tujuannya, meningkatkan kesadaran praja untuk terus mengembangkan budaya di daerahnya, memperluas wawasan dan pengetahuan bagi praja terkait program-program dari Dirjen Kebudayaan," ucapnya.

Baca juga: Pimpinan Ormas, Seniman dan Akademisi Tolak DPRD Sumbar Sahkan Ranperda Pemajuan Kebudayaan, Ini Alasannya

Untuk itu, Tun Huseno meminta kesediaan Bupati Agam untuk membuka secara resmi kegiatan IPDN dalam rangka pengenalan budaya bagi praja di Balai Adat Nagari Lasi Kecamatan Candung dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman menyambut baik dan memberi dukungan terhadap rencana IPDN melaksanakan kegiatan pengenalan budaya bagi praja yang dilaksanakan di daerah itu.

Di samping beliau juga menjelaskan kondisi Kabupaten Agam yang memiliki berbagai kearifan lokal dan banyak potensi yang dimiliki.

"Salah satunya Kecamatan Tanjung Raya memilliki banyak potensi dan kearifan lokal baik dari segi alam, budaya, kuliner, dan ekonomi."

Baca juga: ISI Padang Panjang Siap Promosikan Seni dan Budaya Kabupaten Agam

"Untuk potensi alam dan kuliner untuk peningkatan ekonomi masyarakat, Maninjau terkenal dengan Pensi, Rinuak Masiak, Palai Rinuak dan olahan Rinuak lainnya," tutur Bupati Agam

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: