Tersisa 12 Desa Lagi: Kemendagri Serahkan 59 Kode Desa di Pasaman Barat, Ini Harapan Bupati

Kamis, 11 Agustus 2022, 19:19 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Tersisa 12 Desa Lagi: Kemendagri Serahkan 59 Kode Desa di Pasaman Barat, Ini Harapan...
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi didampingi Risnawanto (Wabup) menerima kode desa dari Kementrian Dalam Negeri di Ruang Aula Gedung E Kantor Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Kamis. (robi irwan)

JAKARTA (11/8/2022) - Melalui perjuangan yang panjang dan doa masyarakat, akhirnya Kabupaten Pasaman Barat, memperoleh kode wilayah administrasi pemerintahan desa, desa adat, kelurahan bersama kabupaten lainnya di Indonesia. Kode wilayah ini dari Kementrian Dalam Negeri.

"Alhamdulillah 59 kode desa atau nagari telah kita peroleh dan merupakan momen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto usai menerima kode desa dari Kementrian Dalam Negeri di Ruang Aula Gedung E Kantor Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Kamis.

Ia mengatakan, dengan diterimanya kode desa itu maka terbentuklah pemerintahan desa terendah terbaru di Pasaman Barat sebanyak 59 desa atau nagari.

Menurutnya, dengan diterimanya kode desa ini maka jajarannya akan segera mempercepat pengesahan Peraturan Daerah bersama DPRD pembentukan desa atau nagari dan akan diserahkan ke Kemendagri untuk dimasukkan dan diakui secara legal formal sebagai dasar penetapan anggaran desa itu nantinya.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

Kemudian, ditingkat desa atau nagari yang mendapatkan kode desa akan diresmikan berbarengan dengan dilantiknya Pj wali nagari dari Aparatur Sipil Negeri (ASN).

Selanjutnya, akan dilaksanakan pemilihan Badan Musyawarah Nagari atau desa dengan menetapkan batas desa pemerintahan nagari yang telah disepakati sebelumnya.

"Setelah tahapan itu maka Bamus yang terbentuk akan menetapkan pemilihan wali nagari atau kepala desa," katanya.

Mengenai usulan penataan nagari yang belum memperoleh kode desa, Kemendagri akan kembali melakukan verifikasi dan klarifikasi.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

Dari 71 yang diusulkan, saat ini 59 telah memperoleh kode desa sedangkan sisanya 12 lagi akan segera menyusul sesuai arahan Kemendagri.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: