Andri Warman Susuri Kesiapan Jalur Napak Tilas Bung Hatta 2022

Sabtu, 13 Agustus 2022, 10:13 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Andri Warman Susuri Kesiapan Jalur Napak Tilas Bung Hatta 2022
Bupati Agam, Andri Warman dan staf, susuri jalur napak tilas dalam rangka memperingati 120 tahun kelahiran Bung Hatta, di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kamis. (humas)
AGAM (11/8/2022)

- Bupati Agam, Andri Warman meninjau persiapan acara napak tilas Bung Hatta, dalam rangka memperingati 120 tahun kelahiran Bung Hatta, di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, di didampingi Asisten III Setda Agam, Andrinaldi, Kalak BPBD, Bambang Warsito, Plt Camat Sungai Pua, Ricky Eka Putra, Wali Nagari Batu Palano, Erman, Kabag Umum, Asfialdi dan lainya.

Rombongan menyisir jalur napak tilas menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki hingga titik finish di Pesanggrahan Bung Hatta yang berada di lereng Gunung Merapi.

Menurutnya, iven ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, karena peserta bisa secara langsung menyaksikan perjalanan hidup Bung Hatta.

Baca juga: PT KAI Inginkan Aset di Pasar Padang Luar Dikelola Satu Atap, Ini Kata Bupati Agam

"Ditambah lagi, di titik finish, terdapat bangunan yang menjadi saksi sejarah, bahwasanya dulu bangunan tersebut pernah jadi tempat tinggal/peristirahatan (pesanggrahan) Bung Hatta," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada OPD terkait agar segera menyelesaikan tugasnya masing-masing, agar persiapan acara ini bisa segera selesai.

Sementara itu, Wali Nagari Batu Palano, Erman menjelaskan, bangunan pesanggrahan Bung Hatta memang sebagian besar hanya tinggal pondasinya saja.

"Namun ada satu bangunan yang masih utuh, yaitu bangunan cerobong asap, yang dulunya dipakai untuk penghangat ruangan," ujarnya

Baca juga: Ricky Eka Putra Dilantik jadi Camat Lubuk Basung, Ini Harapan Bupati dan LKAAM Agam

Tapi jelasnya, dari sisa-sisa bangunan tersebut masih terlihat jelas bagian-bagian dalam bangunan, mulai dari ruang kamar, dapur, wc, dan lainnya, bahkan juga ada satu tempat yang diduga sebagai ruang persembunyian atau bunker.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: