Andri Warman Susuri Kesiapan Jalur Napak Tilas Bung Hatta 2022

Al Imran | Sabtu, 13-08-2022 | 10:13 WIB | 210 klik | Kab. Agam
<p>Andri Warman Susuri Kesiapan Jalur Napak Tilas Bung Hatta 2022<p>

Bupati Agam, Andri Warman dan staf, susuri jalur napak tilas dalam rangka memperingati 120 tahun kelahiran Bung Hatta, di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kamis. (humas)

AGAM (11/8/2022)

- Bupati Agam, Andri Warman meninjau persiapan acara napak tilas Bung Hatta, dalam rangka memperingati 120 tahun kelahiran Bung Hatta, di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, di didampingi Asisten III Setda Agam, Andrinaldi, Kalak BPBD, Bambang Warsito, Plt Camat Sungai Pua, Ricky Eka Putra, Wali Nagari Batu Palano, Erman, Kabag Umum, Asfialdi dan lainya.

Rombongan menyisir jalur napak tilas menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki hingga titik finish di Pesanggrahan Bung Hatta yang berada di lereng Gunung Merapi.


Menurutnya, iven ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, karena peserta bisa secara langsung menyaksikan perjalanan hidup Bung Hatta.

"Ditambah lagi, di titik finish, terdapat bangunan yang menjadi saksi sejarah, bahwasanya dulu bangunan tersebut pernah jadi tempat tinggal/peristirahatan (pesanggrahan) Bung Hatta," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada OPD terkait agar segera menyelesaikan tugasnya masing-masing, agar persiapan acara ini bisa segera selesai.

Sementara itu, Wali Nagari Batu Palano, Erman menjelaskan, bangunan pesanggrahan Bung Hatta memang sebagian besar hanya tinggal pondasinya saja.

"Namun ada satu bangunan yang masih utuh, yaitu bangunan cerobong asap, yang dulunya dipakai untuk penghangat ruangan," ujarnya

Tapi jelasnya, dari sisa-sisa bangunan tersebut masih terlihat jelas bagian-bagian dalam bangunan, mulai dari ruang kamar, dapur, wc, dan lainnya, bahkan juga ada satu tempat yang diduga sebagai ruang persembunyian atau bunker.

Dikatakan, pihaknya bersama masyarakat berencana akan membangun kembali bangunan tersebut seperti aslinya.

"Oleh sebab itu, kepada Pemerintah Kabupaten dan Provinsi, hingga Pusat, melalui iven ini, kami berharap adanya bantuan agar bangunan ini bisa bangun kembali, dan kedepannya bisa menjadi salah satu situs sejarah nasional," harapnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar