PKKMB Universitas Indonesia 2022: Diplomasi Budaya Cegah Tumbuhnya Paham Radikalisme dan Terorisme

Sabtu, 13 Agustus 2022, 15:51 WIB | News | Nasional
PKKMB Universitas Indonesia 2022: Diplomasi Budaya Cegah Tumbuhnya Paham Radikalisme dan...
Produser Film, Aditya Yusma hadir di PKKMB UI 2022 secara luring di Balairung UI pada Kamis (11/8/2022).

JAKARTA (13/8/2022) - Sebanyak 9.458 mahasiswa baru (Maba), tengah mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2022 (PKKMB UI 2022).

Kegiatan yang mengusung tema "Mahasiswa UI Satu Karena Beda" tersebut, akan berakhir pada 25 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa tokoh yaitu Abah Habib Lutfi Bin Yahya - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Komjen Pol Boy Rafli Amar - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI.

Kemudian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Lemhanas Andi Widjayanto, Para Aktivis Batik Internasional, dan Produser Film, Aditya Yusma.

Sebagian mahasiswa PKKMB UI 2022, hadir secara luring di Balairung UI Depok dan sebagian lainnya menyimak kegiatan ini secara daring. Para mahasiswa baru tersebut terdiri dari 8.021 mahasiswa Program Sarjana (S1 Reguler, S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional) dan 1.437 mahasiswa Program Pendidikan Vokasi (D3 dan D4).

Mereka diterima melalui jalur SNMPTN, PPKB, Talent Scouting, SBMPTN, SIMAK UI dan Jalur Prestasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof Abdul Haris pada pembukaan kegiatan tersebut pada Senin (8/8/2022) mengatakan, "Pemilihan tema Mahasiswa UI Satu Karena Beda bertujuan mempersatukan dan menginternalisasi diri para mahasiswa baru menjadi anggota sivitas UI."

"Tema ini dipilih karena UI adalah sebuah miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, dan agama. Melalui tema tersebut, kami menginginkan dan mendidik mahasiswa UI menjadi individu yang humanis, inklusif dan toleran," ungkap dia.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi masa orientasi dan masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa, dari belajar SMA menjadi insan akademik perguruan tinggi," ungkap Prof Abdul Haris.

"Kami menghadirkan para pembicara hebat, alumni yang saat ini menjabat sebagai menteri, pimpinan, dan pembuat keputusan bangsa ini yang mengisinpirasi para mahasiswa baru," tambah Prof Abdul Haris.

PKKMB UI merupakan rangkaian aktivitas penyambutan dan pembekalan mahasiswa baru UI guna memperkenalkan sistem akademik dan ekstrakurikuler yang ada di kampus beserta sistem, metode, dan pendekatan yang digunakan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: