Pustaka Bung Hatta Dijadikan Museum Metaverse

Minggu, 14 Agustus 2022, 09:18 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pustaka Bung Hatta Dijadikan Museum Metaverse
Bupati Agam, Andri Warman menghadiri peluncuran museum virtual Bung Hatta sebagai media pariwisata sejarah, Sabtu. (humas)

BUKITTINGGI (13/8/2022) - Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) meluncurkan Hatta Memorial Heritage Virtual (HMH- Virtual) di Istana Bung Hatta, Sabtu.

HMH-Virtual merupakan museum Bung Hatta dalam bentuk platform metaverse.

Bupati Agam, Andri Warman saat menghadiri peluncuran museum virtual tersebut mengatakan HMH-Virtual merupakan media pariwisata sejarah yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial.

"Apalagi generasi sekarang sangat akrab dengan dunia virtual. Melalui program virtual ini generasi muda sekaligus bisa belajar sejarah," katanya.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Menurut Andri Warmn, museum virtual ini merupakan usaha untuk melestarikan peristiwa sejarah, khususnya hal-hal yang bertalian dengan Bung Hatta.

Untuk itu, ia memberi apresiasi tinggi kepada YPBH yang telah meluncurkan HMH-Virtual. Menurutnya, Bung Hatta adalah Bapak Bangsa yang patut ditauladani generasi sampai kapanpun.

"Museum metaverse ini semoga dapat dijadikan media pembelajaran bagi generasi kita. Meski jauh kebelakang, sejarah jangan sampai kita lupakan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia Peringatan 120 Tahun Bung Hatta, Iman Satria mengatakan maksud peluncuran HMH-Virtual adalah dalam rangka menggugah masyarakat untuk mengenang syiar perjuangan Bung Hatta agar lebih dikenal oleh generasi penerus.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Dikatakan, HMH-Virtual juga dalam rangka merintis pembangunan museum Hatta Memorial Heritage secara fisik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: