Lantamal II Telukbayur Gelar Pengibaran Bendera di Dasar Laut, Titik ke-50 dari 77 Lokasi

Al Imran | Selasa, 16-08-2022 | 06:29 WIB | 192 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Lantamal II Telukbayur Gelar Pengibaran Bendera di Dasar Laut, Titik ke-50 dari 77 Lokasi<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan bendera merah putih pada Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, di halaman Istana Kompleks Gubernuran Sumbar, Senin sore. (humas)

PADANG (15/8/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi serahkan Bendera Merah Putih pada Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, di halaman Istana Kompleks Gubernuran Sumbar, Senin sore.

Bendera tersebut akan dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti di dasar laut di kawasan Mandeh. Pengibaran oleh prajurit Lantamal II Padang, tepatnya di lokasi Dinaceker Beach dan Batu Kajang Indah, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam pidato singkatnya, gubernur menyampaikan apresiasi pengibaran bendera di dasar laut yang secara serentak dilakukan di 77 titik di Indonesia.


Menurut Mahyeldi, kegiatan tersebut akan menumbuhkan rasa kebanggaan pada tanah air, nasionalisme, dan sekaligus mensukseskan program Kampung Bahari Nusantara di Sungai Pinang sebagai kawasan binaan Lantamal II Padang.

"Merah Putih bermakna kesucian nilai-nilai kepahlawanan dan patriotisme," ungkap Mahyeldi yang memimpin upacara penyerahan bendera ini.

Dengan dikibarkannya Merah Putih di dasar laut di kawasan Mandeh sebagai bagian dari peringatan HUT RI 17 Agustus 2022, secara serempak di seluruh Indonesia, diharapkan akan menambah semangat integrasi nasional, menyatukan setiap unsur masyarakat yang sangat beragam.

Selain itu, gubernur juga menyampaikan dukungan atas program Kampung Bahari Nusantara yang dilakukan Lantamal II di Nagari Sungai Pinang. Dia berharap, program serupa juga bisa dilaksanakan di kawasan pesisir lainnya di Sumbar.

Sebelumnya, dalam ramah tamah dengan gubernur, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama Endra Sulistiyono mengatakan, pengibaran bendera di dasar laut pada tanggal 17 Agustus nanti dilakukan serentak pada 77 titik penyelaman di Indonesia.

"Titik penyelaman kita di Mandeh termasuk titik ke 50 dari 77 titik penyelaman," kata Danlantamal.

Selain penyelaman, dalam rangka peringatan HUT RI, Danlantamal II Padang juga telah melaksanakan penanaman 4.000 batang mangrove di pantai pada kawasan Sungai Pinang.

Penanaman mangrove tersebut juga dilaksanakan serentak di 77 lokasi jajaran TNI AL di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk mencegah erosi dan abrasi pantai, menjaga kestabilan garis pantai hingga meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir lewat wisata mangrove.

Turut hadir dalam upacara sederhana penyerahan bendera tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Danrem 032 Wirabraja dan Kejati Sumbar.(kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar