Delima, Buah-buahan dari Sorga yang ada di Bumi, Simak Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan

Selasa, 16 Agustus 2022, 19:33 WIB | Kuliner | Nasional
Delima, Buah-buahan dari Sorga yang ada di Bumi, Simak Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan
Buah Delima

RASULULLAH SAW memuji delima sebagai penyembuh bagi tubuh. Dalam surah al-An'am ayat ke-99, Allah menyebut buah delima setelah zaitun, anggur dan kurma.

Allah berpesan bahwa "Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman." Demikian pula pada surat al-An'am ayat 141. Dalam surat ini, dapat dimaknai bahwa buah delima memiliki keterkaitan antara surga dan anugerah Allah kepada hambanya.

Bahkan, dalam surah ar-Rahman ayat 68, Allah mengungkapkan bahwa delima adalah salah satu dari buah-buahan di surga. "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" begitu bunyi peringatan Allah berkali-kali dalam surah yang teramat indah itu.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, kurma dan delima adalah buah yang lebih unggul dibandingkan lainnya. Tradisi kedokteran Islam dulu juga memanfaatkan delima untuk pengobatan, seperti yang dilakukan ar-Razi (854--925) dan Ibnu Sina (980-1037).

Baca juga: Khatamkan Baca Al Quran Selama Ramadhan, 9 ASN Pasbar Dapat Reward Uang Jutaan Rupiah

Penamaan Delima

Terkait penamaan, dapat ditelusuri dalam sejarah dengan memerhatikan terminologi ilmiahnya, Punica granatum. Punica merupakan istilah yang dipakai bangsa Romawi Kuno untuk menyebut penduduk Fenisia (bahasa Inggris: Phoenicia) di pesisir Afrika Utara.

Fenisia memiliki ibu kota Kartago, kini wilayah negara Tunisia. Masyarakat Roma menyebut delima sebagai malum punicum, "apel Punic", karena buah itu didatangkan dari sana.

Dalam keilmuan taksonomi, genus punica terbilang istimewa karena hanya terdiri atas dua spesies, yakni protopunica dan delima.

Protopunica adalah leluhur genus tersebut dan tergolong endemik karena hanya ditemukan di Pulau Saqatra, sekitar Yaman Selatan.

Baca juga: Bupati Agam: Setelah Khatam Al Quran Lanjutkan Belajar ke Rumah Tahfiz

Adapun istilah granatum merupakan bentuk jamak dari kata bahasa Latin granum yang artinya 'biji-bijian' (bahasa Inggris: grain).

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: