Viral! Durian Gundul Asal NTB yang Mulai Dicari-cari, Awalnya Tak Dimakan Warga Karena Mistis

Selasa, 16 Agustus 2022, 20:35 WIB | Kuliner | Nasional
Viral! Durian Gundul Asal NTB yang Mulai Dicari-cari, Awalnya Tak Dimakan Warga Karena...
Durian gundul.

KEPALABalai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi NTB, Abdullah Karim bisa dikatakan salah seorang yang awal mula mem-viralkan durian tidak berduri, sebuah buah-buahan asli Pulau Lombok.

Informasi yang disampaikannya ke Kepala Divisi Penelitian dan Laboratorium PT Mekar Unggul Sari, Cileungsi, Bogor, M Reza Tirtawinata, membuat durian gundul makin dikenal para pemburu durian.

Dikutip dari laman lombokbaratkab.go.id, Reza disebutkan langsung terbang ke Lombok begitu mendapat informasi itu.

Dari bandara di Lombok, dia dan rombongan langsung menuju desa sejauh 25 kilometer yang dapat dijangkau dengan mobil. Lalu ganti menggunakan empat motor trail untuk mencapai puncak sebuah bukit. Karena jalan sangat curam, rombongan pemburu durian langka itu harus jalan kaki naik turun bukit.

Baca juga: Disparpora Agam Sosialisasikan Perda Trantibum pada Pemilik Homestay

Pohon itu akhirnya ditemukan di tepi hutan kawasan lindung Gunung Rinjani yang termasuk wilayah Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Di sana, rombongan Reza mendapati sebuah pohon durian yang diperkirakan berumur tidak lebih dari 15 tahun.

Pohon dengan tinggi sekitar 15 meter itu, bercabang dan berdaun lebat, terkurung pohon-pohon lain di sekitarnya. Batang dan daunnya sama seperti pohon durian pada umumnya, tetapi bentuk buahnya benar-benar berbeda, yakni bulat tanpa duri.

"Buah ini satu-satunya di dunia. Cuma bisa ditemukan di hutan di kawasan lindung Gunung Rinjani. Dari puluhan ribu pohon durian di Indonesia yang saya datangi selama 25 tahun, ya baru kali itu saya menemukan yang kulitnya tanpa duri. Itu bukan durian biasa, ada keanehan, unik dan bukan karena terserang penyakit," kata Reza.

Baca juga: Pemprov Sumbar Kirim Rendang untuk Korban Gempa Lombok

Durian gundul yang kemudian diberi nama "gundulan" itu penampilan luarnya mirip buah sukun dengan ukuran sebesar buah melon.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: