Lomba Baju Kuruang Semarakkan HUT RI ke -77 di Kampuang Lapai

Al Imran | Rabu, 17-08-2022 | 21:55 WIB | 361 klik | Kota Padang
<p>Lomba Baju Kuruang Semarakkan HUT RI ke -77 di Kampuang Lapai<p>

Para peserta lomba, Baju Kuruang saat tampil di depan juri, Rabu siang. (veri rikiyanto)

PADANG (17/8/2022) - Sejumlah ibu-ibu berjalan bak model profesional di halaman kantor lurah Kampuang Lapai, Kecamatan Nanggalo, Rabu.

Walau cuaca cukup panas, para ibu (Bundo Kanduang) tersebut tampak bersemangat mengikuti lomba Baju Kuruang yang diadakan guna memeriahkan HUT RI ke-77.

Kegiatan lomba yang diikuti oleh ibu-ibu perwakilan RT/RW di Kelurahan Kampuang Lapai ini dibuka langsung oleh anggota DPRD Padang Mastilizal Aye yang juga tokoh masyarakat Kampuang Lapai.


Dalam sambutannya, Aye mengapresiasi semangat kebangsaan dan keinginan untuk melestarikan kebudayaan yang dimiliki oleh Bundo Kanduang di Kampuang Lapai.

"Kita harus melestarikan nilai-nilai budaya, jangan terlena dan lengah oleh kemajuan teknologi, namun jangan pula tidak bisa menguasai teknologi," ujar Aye.

Ia berpesan, agar setiap masyarakat harus bisa menguasai teknologi dan memanfaatkannya menjadi hal yang bernilai positif dan menghasilkan karya yang berguna bagi kemaslahatan umat manusia.

Sementara, Lurah Kampuang Lapai, Wahyudi Edwar menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi oleh ibu-ibu Bundo Kanduang dan mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang.

"Kita berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat memperlihatkan bahwa kita memiliki kekayaan karya seni dan budaya, sehingga timbul ide kreatif untuk mengangkat dan mengembangkan potensi ini," kata Wahyudi.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk mendukung program Padang Bergoro yang telah dicanangkan oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa beberapa waktu yang lalu.

"Melalui Padang Bergoro, kita ingin mewujudkan Kota Padang yang bersih, rapi, sehat dan indah, itu dimulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing," ucap Wahyudi.

Ketua panitia pelaksana lomba baju kuruang, Bundo Mai menyebutkan, pada lomba ini para peserta diwajibkan memakai Baju Kuruang Basiba dengan dilengkapi dengan penutup kepala berupa Tangkuluak Modern. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar