Angka Kecelakaan Tinggi, KAI Sumbar akan Tutup 245 Perlintasan Sebidang

Minggu, 21 Agustus 2022, 08:36 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Angka Kecelakaan Tinggi, KAI Sumbar akan Tutup 245 Perlintasan Sebidang
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat jadi keynote speech dalam Focus Group Discusion (FGD) Keselamatan Bidang Perkeretaapian di Padang, Sabtu. (humas)

PADANG (20/9/2022) - Jalan inspeksi di sisi jalur kereta api, dipandang akan jadi alternatif penyelesaian penurunan angka kecelakaan yang melibatkan moda transportasi angkutan massal tersebut.

Hal itu dikatakan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat jadi keynote speech dalam Focus Group Discusion (FGD) Keselamatan Bidang Perkeretaapian di Padang, Sabtu.

FGD ini mengangkat tema "Tingkatkan Keselamatan di Perlintasan Sebidang dengan BERTEMAN (berhenti, tengok kanan, kiri, aman, jalan).

"Jalur inspeksi atau jalan dan lahan yang ada di sisi sepanjang rel kereta api di Sumbar, supaya dioptimalkan pemanfaatannya guna mengurangi tingkat kecelakaan di perlintasan kereta api," ungkap Mahyeldi.

Baca juga: PT KAI Inginkan Aset di Pasar Padang Luar Dikelola Satu Atap, Ini Kata Bupati Agam

Dikatakan, transportasi yang paling aman saat ini adalah kereta api. Paling cepat dan murah. Yang perlu sekarang adalah pengamanan jalur kereta api, sebab rute yang dilalui perumahan masyarakat sangat padat.

"Karena itu konsep 'Berteman' ini sangat bagus sekali," ujar Mahyeldi.

Kegiatan FGD yang digelar oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Barat, Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub RI, ini merupakan salah satu upaya PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan pemangku kepentingan lain, demi meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang di Sumbar.

Menurut Mahyeldu, sosialisasi 'BERTEMAN' harus diiringi dengan advokasi terutama kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang jalur kereta api.

Baca juga: Atasi Macet di Perlintasan Sebidang Kereta Api Duku, Mahyeldi Usulkan Jalan Layang, Ini Kata Mentri PUPR

"Lalu, optimalkan jalan inpeksi yang ada di sepanjang jalur kereta api. Fungsikan jalur ini, sehingga kuantitas perlintasan sebidang bisa diperkecil," lanjutnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: