Gempabumi Tektonik 4.4 SR Menggoncang Padang Sore Ini

Al Imran | Senin, 22-08-2022 | 17:29 WIB | 238 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Gempabumi Tektonik 4.4 SR Menggoncang Padang Sore Ini<p>

Infografis gempa Senin sore ini di Padang,

PADANG (22/8/2022) - Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi mengungkapkan, telah terjadi gempa tektonik di Padang, Senin, pukul 16.26 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terletak pada koordinat 1.12 LS dan 100.30 BT atau tepatnya berlokasi di Laut pada 21 km Barat Daya Padang, pada kedalaman 44 km," ungkap Suaidi Ahadi dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dikatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar.


Guncangan gempabumi ini, ungkap dia, dirasakan di Padang dan Pesisir Selatan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tukas Suaidi.

Sampai dengan pukul 17,45 WIB, ungkap Suaidi, belum tercatat adanya gempabumi susulan.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," harap dia. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar