Badan Wakaf Perwakilan Padang Panjang Dikukuhkan, Ini Harapan Wali Kota

Al Imran | Selasa, 23-08-2022 | 08:28 WIB | 156 klik | Kota Padang Panjang
<p>Badan Wakaf Perwakilan Padang Panjang Dikukuhkan, Ini Harapan Wali Kota<p>

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumatera Barat, Japeri Jarab menyerahkan SK pada Jupagni sebagai Ketua BWI Perwakilan Kota Padang Panjang masa jabatan 2022-2026 di balai kota, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (22/8/2022) - Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumatera Barat, Japeri Jarab kukuhkan Jupagni sebagai Ketua BWI Perwakilan Kota Padang Panjang masa jabatan 2022-2026.

Pelantikan di Hall Lantai III Balai Kota pada Senin siang itu, juga dihadiri Wali Kota, Fadly Amran beserta jajaran dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Fadly mengharapkan, BWI melakukan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat tentang wakaf dan kepada pengurus juga penting berinovasi dan bergerak cepat.


"Kepada pengurus BWI yang baru, ini bukan hanya edukasi dan sosialisasi saja, namun juga arah kebijakan dan investasi apa yang akan dilakukan ke depannya. Segera lakukan rapat program kerja agar juga mengayomi seluruh potensi yang ada di Kota Padang Panjang," harap Fadly.

Dikatakan Fadly, yang perlu dilakukan BWI adalah benar-benar mengkaji dan memanfaatkan pemikiran, bukan potensi bagaimana berwakaf dan investasi saja.

Namun, juga potensi pikiran yang sangat penting dalam menyisir apa saja program-program dan tujuan dari Pemerintah Kota khususnya dalam pemberantasan kemiskinan serta pemerataan kesejahteraan.

Sementara, Japeri menyampaikan, infak, sedekah, zakat dan wakaf itu berbeda. Infak dan sedekah itu kapan dan di mana saja dengan jumlah tidak terbatas.

Namun wakaf, harta pokoknya tidak boleh berkurang dan pahalanya akan mengalir terus walaupun orangnya sudah meninggal dunia.

Ia berharap, Kota Padang Panjang dapat jadi percontohan wakaf di Indonesia.

"Kami juga mengucapkan selamat kepada pengurus baru, dan kita berharap Kota Padang Panjang ini menjadi percontohan wakaf di Indonesia," ujar Japeri.

"Siapapun yang tinggal di Padang Panjang ini ayo berwakaf dan Insyaa Allah wakaf di Kota Padang Panjang ini bagai cahaya matahari yang bersinar. Kami titipkan pengurus BWI ini kepada Wako dan Kemenag, semoga bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menambahkan, pihaknya akan mengawal pengurus BWI yang baru, untuk dapat bekerja dan beraktivitas sesuai dengan program dan aturan yang ada.

"Segera lakukan rapat program kerja untuk masa jabatan ini. Yang paling pas untuk diinventaris oleh BWI sejak hari ini adalah berapa wakaf yang dibutuhkan untuk 2022 ini di Kota Padang Panjang, nanti kita 'jual' bersama-sama," ungkap dia.

"Seperti Kauman Muhammadiyah apa yang dibangun dan butuh wakaf berapa, begitu juga dengan lainnya. Bersama dengan BWI ini sehingga nanti insfrastruktur untuk pendidikan anak-anak kita cepat," tambahnya.

Ikut hadir Ketua DPRD, Mardiansyah, asisten, staf ahli, kepala OPD, Forkopimda, Pimpinan Kantor Cabang Bank Nagari Kota Padang Panjang, Zulhendri, wakif, camat dan lurah se-Kota Padang Panjang serta undangan lainnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar