Syuir Syam Pesimistis Target Prevalensi Stunting Tercapai, Ini Indikatornya

Selasa, 23 Agustus 2022, 10:36 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Syuir Syam Pesimistis Target Prevalensi Stunting Tercapai, Ini Indikatornya
Anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam memimpin audiensi Komisi IX DPR RI dengan Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin. (humas)

JAKARTA (22/8/2022) - Target prevalensi

stunting

sebesar 14 persen yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo akan tercapai di tahun 2024, sepanjang angka perokok di Indonesia masih tinggi.

Sikap pesimistis itu ditegaskan Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam, saat memimpin audiensi Komisi IX DPR RI dengan Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin.

"Dengan waktu sekitar dua tahun lagi, segala upaya dan anggaran dikerahkan untuk menurunkan

Baca juga: Angka Stunting Sumut Turun 2,2 Persen, Ini Arahan Pj Gubernur

stunting

, namun sepanjang masyarakat dibebaskan untuk merokok, saya yakin berbagai upaya yang dilakukan tidak akan berhasil dalam mengejar prevalensi

stunting," ungkap politisi Partai Gerindra itu.

"Presiden itu menargetkan

stunting

di Indonesia turun 14 persen tahun 2024, dua tahun lagi. Berapa banyak bapak-bapak yang merokok di rumah, istrinya hamil. Itu pasti anaknya cenderung akan mengalami stunting," tambah Suir Syam yang juga seorang dokter itu.

"Kemudian Indonesia Emas 2045 itu jangan-jangan menjadi Indonesia cemas, karena stuntingnya bertambah besar karena rokok ini," tukas Suir Syam yang juga mantan wali kota Padang Panjang, Sumbar dua periode itu.

Baca juga: PENURUNAN STUNTING: Pemkab Pessel Gelar Orientasi Pendamping Keluarga

Diketahui, saat menjadi wali kota Padang Panjang, Suir Syam melahirkan Perda Pelarangan Merokok. Kemudian, juga melahirkan beleid, pelarangan iklan rokok di kota yang dipimpinnya itu.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: