Agam Dikunjungi Tim Visitasi Peduli Wisata Award 2022, Wabup: Siap jadi yang Terbaik

Al Imran | Rabu, 24-08-2022 | 08:32 WIB | 233 klik | Kab. Agam
<p>Agam Dikunjungi Tim Visitasi Peduli Wisata Award 2022, Wabup: Siap jadi yang Terbaik<p>

Wabup Agam, Irwan Fikri paparkan tentang potensi pariwisata Agam pada Tim Visitasi PWA 2022, Selasa, di Lubuk Basung. (humas)

AGAM (23/8/2022) - Kabupaten Agam optimistis bisa jadi yang terbaik pada ajang Peduli Wisata Award (PWA) 2022.

Optimisme itu disampaikan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri saat pemaparan sektor kepariwisataan dihadapan Tim Visitasi PWA 2022, Selasa, di Lubuk Basung.

"Alhamdulillah kami memiliki bupati yang concern terhadap dunia kepariwisataan. Saya kira dengan semangat kepala daerah didukung rekan-rekan OPD terkait, saya optimistis Agam dapat jadi yang terbaik," ujarnya.


Selain memiliki kepala daerah yang peduli dengan dunia kepariwisaatan, sambungnya, Kabupaten Agam juga memiliki potensi sumber daya alam komplit yang dapat dikembangkan untuk kemajuan kepariwisataan.

"Agam sangat lengkap, ada gunung, laut, danau, lembah dan sebagainya. Kesemuannya ini selalu kami eksplore untuk kesejahteraan masyarakat," terangnya.
Ditegaskan, pembangunan kepariwasataan di Agam dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor ekonomi kreatif.

"Kemudian pengembangan kepariwisataan di Agam, kami tidak lepas dari filosofi adat basandi syara', syara' basandi kitabullah," sebut dia.

9 Aspek Penilaian

Penilaian PWA 2022 tersebut sehubungan dengan terpilihnya Kabupaten Agam sebagai salah satu nominator pada ajang apresiasi kepariwisataan tertinggi di tingkat Sumbar.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar melalui Kabid Destinasi, Doni Hendra mengatakan, penyelenggaraan PWA 2022 merupakan cara pihaknya untuk mengukur kepedulian terhadap pengembangan kepariwisataan di suatu daerah.

"Pelaksanaan PWA dan kunjungan ke Agam ini dalam rangka penilaian dan mengkaji kinerja pemerintah daerah, baik eksekutif maupun legislatif terhadap kepedulian membangun dunia kepariwisaataan," terangnya.

Untuk mengukur kepedulian tersebut, pihaknya memboyong tim visitasi kepariwisataan yang diketuai Prof Ansofino.

Tim ahli ini, katanya, akan memeriksa keakuratan data yang dikaitkan dengan dokumen pendukung yang dicantumkan pada awal seleksi PWA.

Disebutkan, pihaknya telah menyelenggarakan PWA sebanyak lima kali, dimulai pada 2015, 2016, 2018, 2020 dan 2022. Pada PWA 2022 memiliki sembilan aspek penilaian yang komprehensif.

"PWA diadakan berbasis digital, kita memberikan kuisioner dengan 107 indikator, diberi waktu sebulan untuk mengisi, kita juga melaksanakan sosialisasi secara Daring," sebutnya.

Ditambahkannya, visitasi kali ini merupakan penetapan keempat dari delapan penetapan selama penilaian. Pada visitasi ini sambungnya, mendengarkan presentasi kepala daerah terkait wisata di Agam.

"Dalam visitasi PWA 2022 ini, tim akan melayangkan sejumlah pertanyaan kepada OPD yang terkait dengan kepariwisataan. Tim juga terjun ke lokasi wisata untuk verifikasi langsung," ujarnya.

Ketua Tim, Prof Ansofino menyebutkan, ada 3 jenis penghargaan yang akan diberikan kepada daerah pada PWA 2022.

Ketiga kategori itu yakni The Best Performance untuk kategori Daerah Andal Destinasi, Promosi dan Ekonomi Kreatif.

Kedua, The Best Achievement kategori daerah Andal Destinasi Wisata dan Promosi Wisata.

"Selanjutnya The Best Improvement kategori daerah Andal Destinasi Wisata," ujarnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar