Syuir Syam: Seluruh Masyarakat Mesti jadi Peserta BPJS Kesehatan

Al Imran | Rabu, 24-08-2022 | 12:01 WIB | 212 klik | Kota Padang Panjang
<p>Syuir Syam: Seluruh Masyarakat Mesti jadi Peserta BPJS Kesehatan<p>

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran bersama Syuir Syam (Anggota Komisi IX DPR RI) dan undangan lainnya, memberikan arahan pada peserta Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Rujukan pada masyarakat Padang Panjang, Selasa. (kominfo)

PADANG PANJANG (23/8/2022) - Anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Rujukan pada masyarakat Padang Panjang, Selasa.

Dalam penyampaiannya, Suir Syam mengatakan, dinobatkannya Kota Padang Panjang sebagai Kota Sehat, membuat kota/kabupaten lain datang ke kota ini untuk studi tiru.

"Alhamdulillah, saya dengar masyarakat Kota Padang Panjang sudah hampir 100% menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bagi masyarakat yang belum, diharapkan mendaftarkan diri untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan juga," ungkap Suir Syam.


"Seluruh kita ini harus menjadi peserta BPJS Kesehatan, walaupun kita sudah memiliki asuransi kesehatan. Agar seluruh warga negara Indonesia ini mendapatkan akses yang sama dalam masalah kesehatan," terangnya.

Sosialisasi ini, katanya, dilaksanakan untuk menjelaskan bahwa rujukan yang ditujukan ke rumah sakit dari puskesmas, dilakukan pasien yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Sementara itu, Germas merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup," paparnya.

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran pada semua peserta sosialisasi menjelaskan, dengan keikutsertaan masyarakat sebagai peserta BPJS Kesehatan membuat masyarakat mendapatkan haknya dalam kesehatan.

Dengan dilaksanakannya Germas ini, diyakini mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Padang Panjang dimasa yang akan datang dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kepada seluruh masyarakat dapat menerapkan pola hidup yang sehat sesuai dengan konsep Germas. Semoga kehidupan sosial ekonomi dan budaya kita dapat kembali berlangsung normal dan lebih maju dari biasanya," tuturnya.

Sosialisasi Germas ini dilaksanakan dengan mendatangkan narasumber di antaranya, Adminkes Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, drg Achmad Mardanus dan Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, dr Faizah.

Juga digelar layanan vaksinasi bagi peserta sosialisasi yang difasilitasi Puskesmas Kebun Sikolos. Ikut hadir Tim Direktorat Pelayanan Rujukan Kemenkes RI, Forkopimda, kepala OPD, camat dan lurah se-Padang Panjang, serta undangan lainnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar