Layanan Adminduk Semakin Mudah

Kamis, 25 Agustus 2022, 18:55 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Layanan Adminduk Semakin Mudah
Dirjen Dukcapil, Prof Zudan Arif Fakrulloh memberi pengarahan pada kegiatan sosialisasi Kebijakan Pendaftaran Penduduk, di Padang, Selasa. (veri rikyanto)

PADANG (23/8/2022) - Seiring dengan adanya transformasi layanan publik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) selalu melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat.

"Dinas Dukcapil bertransformasi dari pelayanan dokumen dan meluas serta melakukan transformasi ke pelayanan Data Kependudukan," Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh pada Sosialisasi Kebijakan Pendaftaran Penduduk yang diselenggarakan Dinas Dukcapil Sumatera Barat, Selasa (23/8/2022) di Padang.

Dikatakan, Kerja Dinas Dukcapil adalah memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, dengan membuatkan dokumen kependudukan. Dalam transformasi digital, Ditjen Dukapil Kemendagri bisa menghemat Rp450 miliar per tahun untuk pengadaan pencetakan kertas security printing untuk dokumen kependudukan yang diganti jadi dokumen elektronik.

"Pelayanan online Dukcapil juga bisa menghindari pungutan liar dan percaloan yang merugikan masyarakat," terangnya.

Baca juga: Anggota DPRD Sumbar Beralih ke KTP Digital, Ini Manfaat dan Cara Aktivasi secara Online

Turut memaparkan materi, Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri, David Yama yang menyampaikan bahwa; dalam memberikan kemudahan bagi penduduk yang bertempat tinggal tidak sama dengan alamat KTP, mereka dapat mendaftarkan diri jadi penduduk non permanen.

"Penduduk tersebut dapat melaporkan melalui aplikasi yang diterbitkan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri, sebagaimana dimaksud pada Permendagri No 74 Tahun 2022."

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat yang telah terlanjur pindah namun belum mengurus dokumen perpindahan penduduk, mereka dapat mengurusnya pada Dinas Dukcapil daerah tujuan. Aparatur Dinas Dukcapil dapat membantu pindah penduduk melalui aplikasi e-office yang diluncurkan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Sosialisasi yang dihadiri Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk serta Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dukcapil Sumbar, Besri Rahmad.

Baca juga: Tinjau Fasilitas Dinas Dukcapil Mentawai, Fernando: Jangan Biarkan Masyarakat Menunggu Lama

Dia mengatakan, pelayanan Dokumen Kependudukan yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, telah memberikan Kinerja Dinas Dukcapil Sumatera Barat jadi predikat terbaik secara nasional sebagaimana yang telah disampaikan Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: