Segmen Megathrust Mentawai-Siberut Dihoyak Lindu 5,8 SR

Senin, 29 Agustus 2022, 07:57 WIB | News | Kab. Mentawai
Segmen Megathrust Mentawai-Siberut Dihoyak Lindu 5,8 SR
Infografis.

MENTAWAI (29/8/2022) - Gempa tektonik dengan magnitudo 5,9 SR mengguncang Pantai Barat Laut Kepulauan Mentawai, Senin pukul 05.34 WIB.

Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo5,8.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,04 LS ; 98,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 3 Km arah Barat Laut Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 16 km," ungkap Daryono.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng segmen Megathrust Mentawai-Siberut.

Baca juga: Building Code sebagai PRB, BMKG Ajak Pakar Kegempaan Sumbar Bentuk Konsorsium

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ungkap Daryono.

Terpisah, pengamat kegempaan, Badrul Mustafa juga mengatakan, episentrum gempa Senin pagi ini di megathrust segmen Siberut.

"Segmen ini masih menyimpan dua pertiga lagi energi besar berperiode gempa besar 200-an tahun sejak terakhir keluar 1797," ungkap Badrul yang juga akademisi Unand itu.

Menurut Badrul, energi gempa yang dikandung kawasan itu masih sangat besar.

Baca juga: Dua Gempa Segmen Megathrust Mentawai-Siberut Kagetkan Warga di Ahad Pagi

"Dengan magnitudo 5.9 SR itu, sangat kecil pengurangannya," ungkap dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: