Mahyeldi Tinjau Sitinjau Lauik Setelah Beberapa Kali Longsor selama Agustus 2022

Selasa, 30 Agustus 2022, 23:09 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Tinjau Sitinjau Lauik Setelah Beberapa Kali Longsor selama Agustus 2022
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menjawab pertanyaan wartawan usai meninjau lokasi longsor di kawasan Sitinjau Lauik Padang, Selasa siang. (humas)

PADANG (30/8/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menegaskan, perbaikan jalan yang tertimpa longsor di jalur Padang-Solok tepatnya di kawasan Sitinjau Lauik, segera dilakukan. Dia berharap, pengerjaan jalan berjalan lancar dan tidak membutuhkan waktu lama.

Menurutnya, jalur Sitinjau Lauik yang telah alami beberapa kali longsor selama Agustus 2022 ini. Jalur ini juga merupakan satu-satunya akses terdekat yang menghubungkan Kabupaten Solok dan Padang. Kemudian, jalur ini juga jadi urat nadi perekonomian masyarakat.

"Perbaikan jalan akan dilakukan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar karena statusnya jalan nasional serta mengalami kerusakan akibat bencana," ungkap Mahyeldi sai meninjau titik longsor di ruas jalan Padang - Solok, atau Sitinjau Lauik, Selasa siang.

Menurut Mahyeldi, Polhut juga akan diturunkan untuk melakukan pengawalan. Kemudian, Dinas PU Sumbar juga akan ikut mengawasi serta Dishub yang lakukan pengaturan arus lalu lintas.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

"Tentang perizinan hutan lindung, perizinannya dari provinsi," ujar Mahyeldi didampingi Kepala BPJN Sumbar, Syachputra Ghani dan OPD terkait lainnya.

Di lokasi, tampak para petugas dan dua alat berat masih terus bekerja, membersihkan jalan dari longsoran material yang berjatuhan pasca diguyur hujan deras, sejak sehari sebelumnya. Sementara, petugas Dinas Perhubungan mengatur buka tutup arus lalu lintas.

"BPJN yang akan menentukan jalan ini mau diapakan. Yang penting, transportasi, arus barang dan orang lancar," sambung Mahyeldi.

Sementara, terkait rencana pembangunan Flyover Sitinjau Lauik 2023, menurut Mahyeldi, akan dilakukan dengan konsep Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Hal ini sesuai kesepakatan rapat antara Dirjen PUPR dan Bappeda.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Dia juga mengapresiasi perhatian dan dukungan wakil rakyat di DPR RI, terhadap kondisi Sitinjau Lauik yang jalurnya penuh resiko. Karena, sudah saatnya perlu perbaikan dengan dukungan semua pihak dan perencanaan yang matang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: