Nevi Zuairina: Fasilitasi Ekspor Produk Makanan Halal dari UMKM Lokal

Rabu, 31 Agustus 2022, 06:31 WIB | Bisnis | Nasional
Nevi Zuairina: Fasilitasi Ekspor Produk Makanan Halal dari UMKM Lokal
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina saat Rapat Kerja Komisi VI DPR dengan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa. (humas dpr ri)

JAKARTA (30/8/2022) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina mendorong Kementerian Perdagangan untuk melihat potensi-potensi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal terutama produk-produk makanan halal.

Hal ini disampaikan Nevi kepada Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan pada Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan jajaran Kementerian Perdagangan di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa.

"Mungkin Pak Menteri (Perdagangan), kita bisa melihat bagaimana negara tetangga seperti Malaysia bahkan Thailand, mereka mengekspor makanan halal bahkan justru itu dicari di seluruh dunia," ungkap Nevi.

"Orang barat juga makan yang halal, ya, dari Thailand dan Malaysia," tambah Nevi.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Kemendag diminta untuk lebih proaktif dan jelas untuk program terkait dengan ekspor serta memfasilitasi UMKM lokal agar bisa menembus pasar ekspor.

Ia mencontohkan di dapil wilayahnya yakni di daerah Sumatera Barat yang memiliki produk rendang yang sangat berpotensi untuk di ekspor.

Terlebih rendang juga mendapat peringkat pertama sebagai

World's Most Delicious Foods

oleh CNN.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

"Jadi, bagaimana peluang ekspor makanan halal kita kedepan Pak Menteri. Karena banyak provinsi kita di Indonesia itu, sudah mengeluarkan produksi-produksi halal yang berpotensi, sehingga kita bisa mengekspor produksi makanan halal," ucap Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: