Kendalikan Inflasi, Fadly: Tingkatkan Budidaya Tanaman Pangan di Pekarangan

Rabu, 31 Agustus 2022, 07:41 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Kendalikan Inflasi, Fadly: Tingkatkan Budidaya Tanaman Pangan di Pekarangan
Wako Padang Panjang, Fadly Amran bersama Forkopimda dan jajaran, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi secara virtual, Selasa. (kominfo)

PADANG PANJANG (30/8/2022) - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran meminta seluruh pihak terkait meningkatkan pengawasan harga pasar terutama produk Sembako.

Ini merupakan upaya menjaga inflasi di daerah sebagaimana diamanatkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Panjaitan saat memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi, Selasa.

"Kita perlu lakukan pengawasan pasar yang lebih lagi. Kita komit untuk mengendalikan inflasi. Selain itu, untuk mengendalikan inflasi, budidaya tanaman pangan di pekarangan, agar dimanfaatkan masyarakat," ujar Fadly seusai mengikuti Rakor tersebut.

Terkait tanaman pangan ini, Fadly menginginkan agar dinas terkait memberikan sosialisasi pada masyarakat bagaimana budidayanya digencarkan untuk konsumsi mereka sendiri.

Baca juga: BI Sumbar Gelar Silaturahmi Idul Fitri, Gubernur: Bencana Alam Pengaruhi Inflasi

"Seperti cabai, bisa ditanam di rumah. Pupuk pun bisa dihasilkan dari rumah," jelasnya.

Ditambahkan Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam, Putra Dewangga, penyebab inflasi yang utama adalah pangan. Akan disusun langkah-langkah agar kelangkaan harga pangan yang signifikan tidak terjadi.

Seperti meningkatkan produksi, masyarakat dapat memanfaatkan tanaman cabai yang bisa ditanam di rumah sendiri.

Selain itu, jelasnya, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Padang Panjang sudah berjalan dengan baik. Dinas terkait sudah melakukan tugasnya.

Baca juga: Kendalikan Inflasi, Gubernur Sumbar Kumpulkan TPID, Tinjau Gudang Bulog dan Cek Harga Sembako

Namun inflasi ini tidak bisa dikendalikan, karena ada beberapa penyebabnya. Salah satunya harga BBM naik yang disebabkan perang antara Ukraina dan Rusia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: