Harneli Bahar Dikukuhkan jadi Bunda Literasi, Fazatil Husainah jadi Duta Baca

Al Imran | Rabu, 31-08-2022 | 21:30 WIB | 261 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Harneli Bahar Dikukuhkan jadi Bunda Literasi, Fazatil Husainah jadi Duta Baca<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengalungkan salempang sebagai Duta Literasi Sumatera Barat pada Harneli Bahar yang notabene, istrinya, pada kegiatan Workshop Bunda Literasi, Duta Baca dan Pegiat Literasi di Padang, Selasa. Juga dikukuhkan Fazatil Husainah Fauzi El Muhammady sebagai Duta Baca Daerah. (humas)

PADANG (30/8/2022) - Harneli Bahar dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Sumatera Barat masa bhakti 2022-2024. Selain itu, juga dikukuhkan Fazatil Husainah Fauzi El Muhammady sebagai Duta Baca Daerah masa bhakti 2022-2025.

Pengukuhan dilakukan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, pada kegiatan Workshop Bunda Literasi, Duta Baca dan Pegiat Literasi di Padang, Selasa. Di momen itu, Mahyeldi juga mengajak seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) di Sumatera Barat untuk mewakafkan buku-buku miliknya untuk dibagikan ke pustaka nagari di seluruh Sumbar.

"Kami berharap, ASN tiap kabupaten dan kota juga turut andil dalam kegiatan wakaf buku, sehingga buku tersebut bisa didistribusikan hingga ke kantor wali nagari, jadi tidak hanya di kantor camat saja," ujar Mahyeldi.


Dia berpesan pada Bunda Literasi dan Duta Baca yang dikukuhkan, dapat menjadi panutan bagi generasi muda, dalam menumbuhkembangkan gemar membaca. Sekaligus dapat merawat perpustakaan sebagai pusat pembelajaran lifelong learning. Dimana, perpustakaan tidak lagi sebatas tempat membaca, namun juga sebagai pusat aktivitas kegiatan di masyarakat.

"Banyak nilai positif dari literasi, selain mendapat wawasan dan pengetahuan juga bernilai Ibadah di mata Allah SWT. Di dunia kita memiliki wawasan yang luas dan di akhirat kita mendapat pahala," terang dia.

Sementara itu, Harneli mengajak orangtua di Sumbar, khususnya para ibu untuk banyak membaca, karena buku merupakan jendela dari semua ilmu.

"Termasuk ilmu bagaimana menjadi Ibu yang baik, menjadi istri yang baik, serta efek dari membaca akan menentukan perilakunya di dalam masyarakat," ungkap dia.

"Bagaimana ia bisa menjaga akhlak, bahasa, dan sopan santun. Orang-orang yang banyak membaca mereka adalah orang yang bijak dalam semua tindakannya, termasuk dalam menentukan mana yang akan dia lakukan dan dia tinggalkan," tutur Harneli.

Dikatakan Harneli, untuk meningkatkan minat baca anak-anak dilakukan dengan memberikan reward kepada mereka seperti memberi pujian, memberi hadiah-hadiah kecil atau memberikan kata-kata penyemangat. Menurutnya hal tersebut akan meningkatkan kemampuan kognitif anak. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar