E-Berpadu Pengadilan Tinggi Padang Diresmikan, Ini Harapan Gubernur

Kamis, 01 September 2022, 10:37 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
E-Berpadu Pengadilan Tinggi Padang Diresmikan, Ini Harapan Gubernur
Ketua MA RI, Syafiruddin didampingi Mahyeldi (gubernur Sumbar) dan Forkopimda lainnya, hadiri penandatanganan perjanjian kerjasama dan peluncuran E-Berpadu Wilayah Hukum Provinsi Sumbar, di Pengadilan Tinggi di Jl. Jenderal Sudirman No. 54 Padang, Rabu. (

PADANG (31/8/2022) - Sebagai sebuah sistem yang berbasis teknologi, E-Berpadu bukan hanya sebuah aplikasi semata, melainkan untuk membangun hubungan kemitraan yang kuat antara para penegak hukum dalam melaksanakan tugas dan wewenang menegakkan sistem peradilan pidana.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat memberi sambutan pada acara penandatanganan perjanjian kerjasama dan peluncuran E-Berpadu Wilayah Hukum Provinsi Sumbar, di Pengadilan Tinggi di Jl. Jenderal Sudirman No. 54 Padang, Rabu.

Sekaligus juga dilakukan peresmian Masjid Al-Mahkamah, renovasi pembangunan Gedung PN Padang, Gedung PN Pariaman, PTSP dan Command Center.

Menurut Mahyekdi, dengan semangat kebersamaan saling bersinergi dan bekerjasama pelayanan publik di Indonesia khususnya Sumbar, akan semakin membaik.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

Sebagai sistem yang berbasis teknologi, tentunya e-Berpadu ini akan mampu memangkas birokrasi dalam penegakan hukum, sehingga dapat berjalan dengan efisien.

"Dengan demikian akan lebih memudahkan koordinasi antara aparat penegak hukum dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," ujar dia.

Begitu juga bagi pengguna layanan e-Berpadu ini dapat mempermudah dalampermohonan izin atau Persetujuan Penyitaan, Permohonan Izin Persetujuan Penggeledahan, Perpanjangan Penahanan Penetapan Diversi, Pelimpahan Berkas Perkara Pidana, Permohonan Pinjam Pakai Barang Bukti dan Permohonan Izin Besuk.

"Semoga hal ini akan semakin meningkatkan kepuasan masyarakat dan rakyat para pencari keadilan, atas pelayanan publik oleh aparat penegak hukum yang merupakan bagian penting dari upaya yang diwujudkan peradilan yang sederhana cepat dan berbiaya ringan," sebutnya.

Baca juga: 67 Pengusaha Randang Berhimpun di Hipermi, Gubernur: Tembus Pasar Nasional hingga Internasional

Ia juga mengapresiasi inisiasi Mahkamah Agung (MA) atas dukungan layanan e-Berpadu ini. Karena, e-Berpadu ini sangat bermanfaat digunakan masyarakat dalam berbagai kepentingan seperti mendaftar perkara.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: