Daftar Sehari Sebelum Jadwal Berobat

RSUD Lubuk Basung Luncurkan Layanan via Whatsapp untuk Pendaftaran Berobat

Al Imran | Kamis, 01-09-2022 | 16:46 WIB | 183 klik | Kab. Agam
<p>RSUD Lubuk Basung Luncurkan Layanan via Whatsapp untuk Pendaftaran Berobat<p>

Direktur RSUD Lubuk Basung, dr Riko Krisman, didampingi Kabid Promosi Publikasi Litbang, Rozi Anggraini, meninjau layanan di ruang pendaftaran, Kamis. (humas)

AGAM (1/9/2022) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung lahirkan inovasi layanan pendaftaran berobat melalui WhatsApp di nomor 0811-666-4050.

Dengan lahirnya layanan ini, calon pasien RSUD Lubuk Basung tak perlu lagi antre untuk mendaftar berobat. Layanan ini diluncurkan mulai Rabu kemarin.

"Layanan via whatsapp ini untuk memudahkan calon pasien. Karena, layanan melalui aplikasi sosial media ini lebih mudah diakses masyarakat," ungkap Direktur RSUD Lubuk Basung, dr Riko Krisman, didampingi Kabid Promosi Publikasi Litbang, Rozi Anggraini, di Lubuk Basung, Kamis.


Selain mudah diakses masyarakat, terang dr Riko, pendaftaran melalui whatsapp ini juga banyak keuntungan seperti bebas antrian, cepat, efisian dan juga mengurai kerumunan.

Sistem pelayanan online semacam ini, sambungnya, sudah ada sejak 2021 lalu. Namun baru hanya memanfaatkan situs web pendaftaran online, yang menurutnya tidak semua masyarakat bisa mengakses situs tersebut.

"Pembaharuannya sekarang adalah ditambah dengan whatsapp dan kedepan pasien juga bisa mendaftar dengan Mobile JKN dan Mobile Pasien," sebutnya.

Pendaftaran pasien berobat di RSUD Lubuk Basung, hanya dapat dilakukan satu hari menjelang berobat dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Setelah mendaftar dan diproses admin, pasien akan diberikan nomor antrean.

"Bagi pendaftarannya yang sudah diproses, langsung mendapat nomor antrean yang kemudian dibawa untuk registrasi di loket 2 bagi pasien BPJS dan loket 8 bagi pasien umum," terangnya.

Cara mendaftarnya juga cukup mudah. Untuk pasien lama bisa mengirim whatsapp dengan mengisi format di antaranya nomor rekam medis, identitas diri, poliklinik yang dituju, tanggal berobat, cara pembayaran dan nomor BPJS.

Sedangkan format untuk pasien baru, di antaranya identitas diri sesuai KTP seperti nama, tempat tanggal lahir dan alamat, lalu nama ibu kandung, cara pembayaran, poliklinik yang ingin dituju, tanggal berobat dan nomor BPJS bagi peserta BPJS.

"Jika ada pembatalan segera melakukan konfirmasi ke nomor layanan RSUD Lubuk Basung," katanya.

Meski pendaftaran melalui whatsapp sudah diberlakukan, manajemen RSUD Lubuk Basung tidak lantas menutup pelayanan secara manual. Hal ini untuk mengakomodir masyarakat yang sama sekali tidak bisa mengakses jejaring sosial.

"Pendaftaran secara manual tetap dibuka, karena kita menyadari tidak semua masyarakat kita punya android," ungkapnya.

Karena proses pendaftaran sudah lebih cepat, katanya lagi, otomatis pasien sampai ke ruang poliklinik juga lebih cepat. Sembari menunggu dokter, para pasien juga akan disuguhkan informasi tentang kesehatan oleh narasumber berkompeten.

"Hanya saja untuk sementara pelayanan informasi kesehatan ini baru bisa kami berikan pada Senin dan Kamis saja," sebutnya.

Ditambahkan, selain bisa mendaftar, melalui nomor whatsapp ini masyarakat juga bisa memberikan masukan terhadap pelayanan RSUD Lubuk Basung. Pihaknya menyebut inovasi ini dengan Survey Kepuasan Pasien (Sasukepas).

"Jadi satu nomor whatsapp ada dua layanan yang bisa kita berikan, pertama pendaftaran kedua survey kepuasan pasien," sebutnya lagi.

Pantauan, inovasi pendaftaran pasien berobat melalui whatsapp ini mendapat respon positif dari masyarakat. Seperti yang diutarakan Noviarlis (62) warga Lubuk Basung.

Dia mengaku, dimudahkan dengan adanya inovasi ini. Jika sebelumnya ia mesti antre berjam-jam, sekarang ia hanya butuh waktu setengah jam untuk antrean mendaftar ulang.

"Anak saya yang mendaftarkan, katanya lebih mudah. Saya tinggal bawa bukti pendaftaran kesini dan bisa langsung berobat. Saya tidak perlu lagi berangkat pagi buta untuk kesini," ujarnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar