Turap Tebing SDN 28 Selasa Tangah Runtuh

Al Imran | Kamis, 01-09-2022 | 19:30 WIB | 230 klik | Kab. Agam
<p>Turap Tebing SDN 28 Selasa Tangah Runtuh<p>

Sebagian pekerjaan turap tebing SDN 28 Selasa Tangah, Nagari Padang Tarok, kecamatan Baso yang terban, Selasa. (hamriadi)

AGAM (1/9/2022) - Pekerjaan pembangunan turap tebing di dekat SDN 28 Selasa Tangah, Kecamatan Baso setinggi sekitar 5 meter, tiba-tiba hancur padahal pekerjaan telah mendekati volume 100 persen.

Beruntung, tidak ada korban jiwa ditimbulkan dengan hancurnya turap tebing dari batu kali ini, lantaran saat peristiwa terjadi tidak ada warga melewati jalan setapak yang berada di bawahnya.

Kepala Tukang, Eri kepada wartawan, Kamis mengatakan, pelaksana proyek turap tebing adalah CV Excellent.


"Pekerjaan sebenarnya sudah selesai. Kurang lebih sudah 5 pekan kami bekerja," ucapnya.

Ia mengaku, tidak tahu kenapa tiba-tiba turap tebing runtuh pada Selasa (30/8/2022) sore. "Beberapa hari ini cuaca sering hujan," ujarnya.

Pekerjaan turap SDN 28 Salasa Tangah di Jorong Salasa Tangah, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, dikerjakan dengan nilai kontrak Rp199 juta lebih.

Masa pekerjaan selama 90 hari kelender dimulai dari 24 Juni - 21 September 2022. Saat ini terpaksa dilakukan kerja ulang pemasangan turap tebing oleh pihak rekanan.

Mengingat waktu yang tinggal tidak beberapa hari lagi, diperkirakan rekanan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan 100 persen sesuai kontrak yang talah ditandatangani.

Kepala SDN 28 Selasa Tangah, Marnelis D mengatakan, turap tebing jika selesai dikerjakan akan menyelamatkan aset bangunan di atasnya.

"Kami mengusulkan dana untuk turap tebing mengingat potensi tanah yang ada bangunan di atasnya bisa saja longsor," paparnya.

Ia menyampaikan, pengusulan turap tebing SDN 28 Selasa Tangah, pada saat itu juga disampaikan ke BPBD Agam.

"Kenapa kita sampai menyampaikan ke BPBD, karena BPBD lah yang terkait dengan bencana alam. Alhamdulillah, pemerintah kabupaten Agam merealisasikan dengan pekerjaan turap saat ini," ucapnya.

Marnelis berharap, pekerjaan turap tebing dapat selesai, sehingga bisa menyelamatkan bangunan yang ada di atasnya dari potensi tanah longsor.

Penting turap tebing bagi SDN 28 Selasa Tengah agar dapat menyelamatkan bangunan yang ada di atasnya. Diperkirakan ada sekitar 5 meter ketinggian tebing dari jalan setapak berada di bawahnya.

Saat ini, pekerjaan ulang turap tebing SDN 28 Selasa Tengah oleh rekanan sangat dibutuhkan pengawasan ekstra ketat oleh konsultan pengawas dan masyarakat sekitar.

Pihak terkait seperti instansi Kejaksaan Negeri (Kejari) dan pihak kepolisian (Penyidik Tipikor) agar bisa turun tangan meneliti setiap paket pekerjaan tengah dikerjakan CV Excellent, beralamat di Jorong Sitapuang, Nagari Balai Gurah, Kecamatan Ampek Angkek.

Pada tahun anggaran 2022 ini, CV Excellent tidak saja mendapatkan paket pekerjaan turap tebing di SDN 28 Selasa Tengah, tapi juga di sejumlah lokasi di Kabupaten Agam.

Paket pekerjaan didapatkan CV. Excellent data didapatkan tercatat sebanyak 6 buah paket. Pertama, Renovasi Puskeswan Kecamatan Ampek Angkek dengan nilai penawaran Rp420 juta.

Kedua, Belanja Modal Pembangunan Lapangan Bola Basket SMPN 3 Ampek Angkek, dengan nilai penawaran Rp109 juta, ketiga Pembangunan TURAP Tebing SDN 28 Salasa Tangah, dengan nilai penawaran Rp199 juta.

Keempat, Belanja Modal Rehabilitasi Ruang Kelas SMPN 1 Kamang Magek, dengan nilai penawaran Rp198 juta, kelima Pembangunan Irigasi Belakang Surau Simpang Garinggiang, Simpang Balingka, Jorong Pambatan, dengan nilai penawaran Rp181 juta dan keenam Pembangunan Irigasi Jorong Sawah Ladang, Nagari Magek, dengan nilai penawaran Rp149 juta.

Adanya sebanyak 6 paket pekerjaan oleh CV Excellent, berdasarkan proses pengadaan barang/jasa, ada beberapa syarat yang diberlakukan kepada penyedia yang melaksanakan pekerjaan.

Di antara syarat-syarat tersebut, ada satu syarat yang dikhususkan bagi penyedia pada pengadaan pekerjaan konstruksi dan jasa lainnya. Syarat khusus tersebut adalah penyedia harus memperhitungkan Sisa Kemampuan Paket atau SKP.

Sisa Kemampuan Paket adalah batas maksimal jumlah pekerjaan yang boleh dilakukan oleh penyedia pekerjaan konstruksi dalam waktu yang bersamaan dengan penandatanganan kontrak pengadaan. Nilai kemampuan paket dengan ketentuan, untuk usaha kecil, nilai KP ditentukan sebanyak 5 paket pekerjaan.

Terkait runtuhnya turap tebing SDN 28 Selasa Tangah, ketika hendak dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp ke Direktur CV. Excellent, Ibnu Sakdi, yang bersangkutan tidak membalas.

Meski Ibnu sempat menelpon menggunakan WhatsApp kepada wartawan media ini, ketika ditelpon ulang yang bersangkutan tidak mengangkat panggilan telepon. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar