IDM Agam Peringkat 37 Nasional, Asril: 20 Nagari Telah Berstatus Mandiri

Kamis, 01 September 2022, 20:36 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
IDM Agam Peringkat 37 Nasional, Asril: 20 Nagari Telah Berstatus Mandiri
Kepala DPMN Agam, Asril.

AGAM (1/9/2022) - Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Agam secara nasional pada 2022 meningkat drastis diukur dari kemajuan dan kemandirian nagari.

Hasil pengukuran IDM ini ditetapkan dengan Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI No 80 Tahun 2022.

"Hasil pengukuran IDM ini, sebanyak 20 nagari di Agam berstatus mandiri. Ini alami peningkatan 100 persen dari tahun lalu, hanya 10 nagari," ungkap Kepala DPMN Agam, Asril, Kamis.

Sedangkan nagari maju, meningkat jadi 54 nagari, dibanding tahun lalu hanya 46 nagari.

Baca juga: DPRD Agam Gelar Paripurna LKPj 2023, Sekda: Pendapatan Transfer masih Mendominasi

Peningkatan itu mempengaruhi nagari yang berstatus berkembang, dengan mengalami penurunan dari 26 jadi 8 nagari tahun ini.

"Sementara nagari berstatus tertinggal dan sangat tertinggal tidak ada lagi di Kabupaten Agam," ujar Asril.

Berdasarkan hasil itu, katanya, secara nasional IDM nagari Kabupaten Agam berada pada rangking 37 dari 434 kabupaten di Indonesia.

Menurutnya, capaian ini menunjukkan bahwa Pemkab Agam telah mampu berikan arah yang tepat, dalam proses pembangunan dan pemberdayaan nagari, dengan memanfaatkan dana desa dan alokasi dana nagari.

Baca juga: KKSPN Agam Madani Gelar Bazar Bahan Pokok Murah di Teras Hijrah Mart

"Dalam membangun kita konsen jadikan nagari sebagai episentrum pembangunan, maka OPD teknis juga telah memfokuskan sasaran pembangunan yang tertuang pada renja OPD berbasis pada nagari, sesuai potensi dan kebutuhan masing-masing nagari," terangnya. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: