Buya Zulhamdi: Umat Islam Tak Boleh Buta Sejarah

Sabtu, 03 September 2022, 09:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Buya Zulhamdi: Umat Islam Tak Boleh Buta Sejarah
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang Panjang, Buya Zulhamdi saat memberikan ceramah pada wirid Korpri, Jumat pagi di Masjid Islamic Center, Jumat pagi. (kominfo)

PADANG PANJANG (2/9/2022) - Lebih dari setengah isi Al Quran adalah sejarah. Dan, dalam Islam, ilmu sejarah merupakan ilmu yang sangat dibutuhkan.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang Panjang, Buya Zulhamdi saat memberikan ceramah pada wirid Korpri, Jumat pagi di Masjid Islamic Center.

"Ada empat ilmu yang sangat diperlukan. Ilmu aqidah (tauhid), ilmu ibadah sehari-hari, muamalah dan sejarah," ungkap Buya Zulhamdi.

Sebagai orang Islam, ummat tidak boleh buta akan sejarah. "Di Spanyol, kitab tafsir banyak dikarang ulama di sana, begitulah jayanya Islam dimasa lampau di bidang ilmu pengetahuan," tuturnya.

Baca juga: Wisata Sejarah: Rumah Kuno Era Kolonial, 6 Km dari Jam Gadang Bukittinggi, Rata-rata Milik Pahlawan Nasional

Zulhamdi menyampaikan bagaimana Islam di Andalusia (Portugis, Spanyol, Perancis). Tujuh abad Islam sangat kuat di Andalusia, namun ini tidak berbekas.

Jika muslim di Indonesia tidak hati-hati, Islam juga bisa mengalami hal itu.

Pada peradaban Andalusia itu dibangun dengan Al Qur'an. Di mana Al Qur'an merupakan ilmu yang paling utama yang dipelajari. Dan orang mempelajari Islam ini dimulai dengan mempelajari Al Qur'an.

"Untuk itu, perlu bagi kita mengajari anak-anak kita untuk cinta, mempelajari dan mengamalkan Al Qur'an," imbaunya.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Peristiwa Situjuah, Bukti Jiwa Patriot Masyarakat Sumbar

Pada wirid tersebut, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Osman Bin Nur menyampaikan akan ada program sosial dalam rangka menghadapi kenaikan BBM saat ini.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: