37 Grup Ikuti Festival Tambua Tansa, Bupati: Jadikan Ini Agenda Tahunan

Al Imran | Minggu, 04-09-2022 | 09:37 WIB | 202 klik | Kab. Agam
<p>37 Grup Ikuti Festival Tambua Tansa, Bupati: Jadikan Ini Agenda Tahunan<p>

Bupati Agam, Andri Warman bersama Isra Dt Bandaro (ketua pelaksana) dan Forkopimda, memukul tambua menandai pembukaan Festival Tambua Tansa di Monumen Avro Anson, Nagari Gadut, Sabtu. (humas)

AGAM (3/9/2022) - Bupati Agam, Andri Warman menilai, tambua tansa merupakan seni pertunjukan yang lahir, tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.

Karenanya, menginginkan Festival Tambua Tansa agar bisa jadi agenda tahunan Kabupaten Agam.

"Informasi yang saya terima, tambua tansa ini merupakan kesenian khas dari daerah Maninjau, kenapa tidak ini kita jadikan agenda tahunan," tuturnya saat membuka Festival Tambua Tansa, Sabtu di Monumen Avro Anson, Nagari Gadut.
Festival seni tradisi tambua tansa merupakan wujud pelestarian seni dan budaya di Kabupaten Agam. Hal ini merupakan komitmennya dalam mengembangkan SDM di sektor kebudayaan.


"Saya sudah banyak pergi ke luar kota di daerah lain di Sumatera Barat, setiap ada penyambutan tamu, pasti tambua tansa yang ditonjolkan," katanya.

Ketua Pelaksana Festival Tambua Tansa, Isra Dt Bandaro menuturkan, dalam festival kali ini diikuti sebanyak 37 kelompok seni tradisi yang berasal dari sekolah-sekolah dan sanggar yang ada di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi.

"Peserta merupakan utusan tambua tansa baik yang ada di nagari maupun utusan sekolah. Setelah diadakan seleksi secara daring, peserta yang dinyatakan lolos berjumlah 37 grup dengan jumlah peserta 403 orang," ucapnya.

Dikatakan Isra, festival ini dalam upaya melestarikan kesenian daerah. Selain meningkatkan silaturahmi, Festival Tambua Tansa ini sekaligus menjadi sarana mengasah skill bermain tambua para pelaku seni di kedua daerah itu.

"Selain itu, festival ini juga dalam rangka mengembangkan sektor kepariwisataan di Kabupaten Agam," sebutnya.

Ditambahkan, Festival Tambua Tansa akan berlangsung selama dua hari. Penampilan para peserta akan dinilai para juri dari Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, ISI Padang Panjang dan Seniman Kabupaten Agam. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar