3 Tips Memilih Senapan Angin

Al Imran | Minggu, 04-09-2022 | 15:30 WIB | 547 klik | Nasional
<p>3 Tips Memilih Senapan Angin<p>

Ilustrasi.

SENAPAN ANGIN merupakan sebuah senjata yang memakai sistem kontruksi yang digerakkan dengan sebuah tekanan udara atau angin yang dimampatkan pada titik berat khusus lebih dulu di ukur dengan PSI (Pounds per Square Inch), kemudian dikeluarkan untuk menekan ataupun menggerakan sebuah timah panas dengan kecepatan khusus di ukur dengan FPS (feet per second).

Senapan angin mempunyai berbagai macam jenis sesuai dengan fungsi serta cara penggunaannya. Mulai dari senapan angin PCP (pre charge pneumatic), pompa tangan, gejluk, spring piston serta sebagainya.

Namun pada biasanya, kita dapat mengklasifikasikan tipe- tipe senapan angin ini dengan 3 tipe, adalah senapan angin PCP, tipe pompa serta senapan angin tipe per atau pegas.

Tips Memilih Senapan Angin yang Tepat


Punya senapan angin tetapi nyesel karena tidak sesuai ekspektasi atau ingin punya senapan baru, namun masih bingung bagaimana cara memilihnya. Berikut ini ada 3 trik jitu cara memilih Senapan Angin yang tepat:

1. Menentukan tujuan penggunaannya

Menurut kegunannya, Jenis senapan angin terdiri atas:

  • Small Game: Berburu dengan target burung atau unggas. Sobat bediler cukup membeli senapan angin uklik atau PCP yang hanya membutukan speed kecil antara 450-600fps.
  • Medium Game: Berburu dengan target hewan menengah seperti musang, garangan, biawak dll. Bidang ini cukup membutuhkan speed yg lumayan tinggi sekitar 750-900fps. Senapan angin yang bisa digunakan yaitu senapan angin PCP dan Gejluk. Kedua senapan ini bisa disetel tinggi rendahnya power dengan memutar per hammer atau trak tarikan grendel.
  • Big Game: Berburu dengan target hewan besar seperti babi, rusa dan kambing hutan. Sobat bediler harus bisa setel power 1000fps ke atas. Karena calliber di atas 4,5mm di negara kita harus ada ijin dan harga unitnya pun lumayan mahal.

2. Kenali Bahan Senapan Angin

Ciri khas Senapan yang bagus yaitu terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Baja adalah bahan umum untuk sebagian besar senapan angin modern karena memiliki sifat kokoh dan mudah digunakan.

3. Lakukan tes/ Uji Coba

Sebelum memutuskan senapan yang akan dibeli, Bedilers juga sangat disarankan untuk melalukan beberapa uji coba berikut ini untuk mendapatkan senapan dengan kondisi prima:

  • Pompa Beberapa Kali

Pada saat memompa ini, jangan kancingkan ukliknya. Perhatikan posisi uklik tersebut selama dipompa. Jika posisinya tetap, berarti senapan tersebut dalam kondisi normal dan bagus. Namun, jika uklik terdorong ke atas setiap dipompa, ini sebagai pertanda bahwa ada kebocoran pada penutup tabung angin yang ada di dalamnya.

  • Tiup Bagian Laras

Apabila angin yang ditiup tidak masuk, berarti laras senapan tidak bocor. Sebaliknya jika angin yang ditiup masuk, berarti ada kebocoran angin pada bagian laras atau lup senapan. Kebocoran pada bagian ini sangat mempengaruhi laju peluru atau angin yang keluar dari senapan. Ada dua kemungkinan bagian laras yang bocor, sil grendel atau sil tabung lubang transfer.

  • Pompa dengan Bagian Lup Ditutup

Pompa sekali lagi senapan tersebut dengan menutup lubang pada bagian lup menggunakan jari kemudian tekan dengan kuat. Apabila angin yang keluar dari hasil pompaan tersebut berhasil mendorong jari anda, artinya senapan tersebut benar-benar dalam kondisi normal.

Senapan seperti ini hanya dalam satu uklik saja, peluru atau angin akan melesat dengan cepat keluar dari senapan. Sebaliknya, jika satu pompa yang anda lakukan tidak berhasil mendorong jari yang menutup lubang lup berarti kekuatan daya lempar dari senapan tersebut lemah.

  • Melakukan Uklik Lebih Dari Kapasitasnya.

Apabila kapasitas senapan hanya 4 hingga 5 uklik saja, lakukan hingga 6 hingga 7 uklik. Dengarkan baik-baik pada bagian larasnya. Pastikan tidak ada suara ngobos (ses) yang menandakan senapan tidak dalam kondisi bocor.

  • Melihat Secara Langsung Bagian Dalam Laras

Semakin bagus alur yang tampak, semakin tinggi tingkat keakurasiannya. Cara melihatnya yaitu dengan membuka bagian Grendel. Tepat pada bagian ujung Grendel terdapat kertas warna putih. Lihat lubang laras dari depan. Semakin bagus alur, ditandai dengan bagian dalam yang mengkilap maka semakin bagus senapan tersebut. (*)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar