Utusan Tanjung Raya Kuasai Penggung Juara Festival Tambua Tansa

Senin, 05 September 2022, 17:46 WIB | Wisata | Kab. Agam
Utusan Tanjung Raya Kuasai Penggung Juara Festival Tambua Tansa
Bupati Agam, Andri Warman bersama Yenny Andri Warman (ketua TP-PKK Agam) dan jajaran, menikmati atraksi peserta Festival Tambua Tansa tingkat Agam-Bukittinggi Ahad (4/9/2022) di eks lapangan terbang Gadut. (humas)

AGAM (5/9/2022) - Utusan Kecamatan Tanjung Raya menguasai panggung juara Festival Tambua Tansa tingkat Agam-Bukittinggi yang digelar Sabtu dan Ahad (3-4/9/2022) di eks lapangan terbang Gadut.

Keempat grup kesenian itu, Carano Kaco dari SMAN 1 Tanjung Raya terbaik I, Sarangkuah Dayuang terbaik III, Kinantan terbaik IV dan Umbuik Mudo Junior terbaik V.

Sedangkan yang menempati terbaik II adalah grup kesenian IPSL Nagari Garagahan Lubuk Basung. Masing-masing grup peroleh penghargaan Rp5 juta.

"Alhamdulillah, festival selesai dilaksanakan dengan baik dan sudah ditutup kemaren," ujar Kepala Disdikbud Agam, Isra, Senin.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Ia mengatakan, festival ini kali pertama digelar untuk tingkat Kabupaten Agam, bahkan bakal diupayakan jadi agenda tahunan pemerintah daerah khususnya di Disdikbud.

"Tahun ini jumlah pesertanya dibatasi mengingat waktu, apabila jadi agenda tahunan kita akan upayakan lebih ramai lagi," sebutnya.

Sementara itu, koordinator dewan juri, Sexri Budiman beri beberapa masukan pada peserta terkait hal yang mempengaruhi pada penilaian.

Mulai dari bunyi tambua tansa, gerakan hingga pakaian yang dikenakan saat tampil.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

"Ini agar kesalahan tidak terulang lagi untuk festival atau iven-iven kebudayaan berikutnya," sebutnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: