Utusan Tanjung Raya Kuasai Penggung Juara Festival Tambua Tansa

Al Imran | Senin, 05-09-2022 | 17:46 WIB | 208 klik | Kab. Agam
<p>Utusan Tanjung Raya Kuasai Penggung Juara Festival Tambua Tansa<p>

Bupati Agam, Andri Warman bersama Yenny Andri Warman (ketua TP-PKK Agam) dan jajaran, menikmati atraksi peserta Festival Tambua Tansa tingkat Agam-Bukittinggi Ahad (4/9/2022) di eks lapangan terbang Gadut. (humas)

AGAM (5/9/2022) - Utusan Kecamatan Tanjung Raya menguasai panggung juara Festival Tambua Tansa tingkat Agam-Bukittinggi yang digelar Sabtu dan Ahad (3-4/9/2022) di eks lapangan terbang Gadut.

Keempat grup kesenian itu, Carano Kaco dari SMAN 1 Tanjung Raya terbaik I, Sarangkuah Dayuang terbaik III, Kinantan terbaik IV dan Umbuik Mudo Junior terbaik V.

Sedangkan yang menempati terbaik II adalah grup kesenian IPSL Nagari Garagahan Lubuk Basung. Masing-masing grup peroleh penghargaan Rp5 juta.


"Alhamdulillah, festival selesai dilaksanakan dengan baik dan sudah ditutup kemaren," ujar Kepala Disdikbud Agam, Isra, Senin.

Ia mengatakan, festival ini kali pertama digelar untuk tingkat Kabupaten Agam, bahkan bakal diupayakan jadi agenda tahunan pemerintah daerah khususnya di Disdikbud.

"Tahun ini jumlah pesertanya dibatasi mengingat waktu, apabila jadi agenda tahunan kita akan upayakan lebih ramai lagi," sebutnya.

Sementara itu, koordinator dewan juri, Sexri Budiman beri beberapa masukan pada peserta terkait hal yang mempengaruhi pada penilaian.

Mulai dari bunyi tambua tansa, gerakan hingga pakaian yang dikenakan saat tampil.

"Ini agar kesalahan tidak terulang lagi untuk festival atau iven-iven kebudayaan berikutnya," sebutnya.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Agam, Jupri mengatakan, Festival Tambua Tansa ini dibuka secara resmi oleh Bupati Agam pada Sabtu kemaren.

Dikatakan, pada hari pertama, jumlah yang tampil di hari pertama sebanyak 17 grup dan hari terakhir sebanyak 20 grup.

"Ke-37 grup ini lolos seleksi dari 84 grup yang mendaftar," ujarnya.

Lima grup terbaik nantinya akan dapat reward, berupa uang pembinaan sebesar Rp5 juta.

Patut Dilestarikan

Bupati Agam, Andri Warman bersama Ketua TP PKK Agam, Yenni Andri Warman, ikut menyaksikan atraksi Tambua Tansa di Monumen Avro Anson, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Ahad. Keduanya tampak menikmati berbagai atraksi yang dimainkan berbagai grup tambua tansa.

Andri Warman mengungkapkan kekagumannya, saat melihat atraksi-atraksi yang ditampilkan masing-masing grup.

Dikatakan, tambua tansa sudah menjadi ciri khas Kabupaten Agam, yang merupakan kesenian berasal dari Maninjau.

"Hal ini patut dilestarikan, dan Festival Tambua Tansa ini juga bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Agam," jelasnya.

Selain itu, diharapkan juga kegiatan ini bisa berdampak terhadap perkembangan perekonomian masyarakat, khususnya yang berada di sekitar lokasi acara. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar