Baru Selesai PHO, Pekerjaan Lapangan Basket SMPN 3 Ampek Angkek Langsung Rusak

Al Imran | Kamis, 08-09-2022 | 16:47 WIB | 1009 klik | Kab. Agam
<p>Baru Selesai PHO, Pekerjaan Lapangan Basket SMPN 3 Ampek Angkek Langsung Rusak<p>

Pembangunan Lapangan Bola Basket SMPN 3 Ampek Angkek, Kabupaten Agam senilai Rp109 juta didapati sudah banyak yang rusak saat dikunjungi Kamis ini. (hamriadi)

BUKITTINGGI (8/9/2022) - Proyek Belanja Modal Pembangunan Lapangan Bola Basket SMPN 3 Ampek Angkek, Kabupaten Agam senilai Rp109 juta didapati sudah banyak yang rusak. Proyek penunjukan langsung ini dikerjakan CV. Excellent.

Paket pekerjaan yang bersumber dari APBD 2022, dimulai 28 Juni 2022 - 11 Agustus 2022 selama 45 hari kelender ini, belum saja berumur sebulan. Akan tetapi, sudah mengalami kerusakan.

Pantauan media ini, Kamis, kerusakan itu berupa permukaan acian pada lapangan Bola Basket terkelupas, diperparah dengan terbentuknya lekukan dipermukaan lapangan yang dapat berpotensi menimbulkan kerusakan parah nantinya.


Di samping kerusakan di sejumlah titik yang mana aciannya terkelupas, juga terdapatnya keretakan memanjang dan retak-retak lainnya, sehingga ini dicurigai kualitas mutu coran patut dipertanyakan.

Terkait terdapatnya kerusakan dan retak coran rabat beton pada sejumlah titik pekerjaan lapangan basket SMPN 3, saat dikonfirmasi kepada Direktur CV. Excellent, Ibnu Sakdi dengan menghubungi handphone -081374441***, yang bersangkutan tidak mengangkatnya.

Lalu ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp untuk mendapatkan berapa mutu beton pekerjaan lapangan bola basket SMPN 3, yang bersangkutan tidak membalas. Namun, pesan tersebut terdapat tanda centang dua yang mengartikan pesan diterima.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, Isra dihubungi ke handphonenya guna mempertanyakan paket pekerjaan lapangan bola basket SMPN 3 sudah di-PHO serta telah dibayarkan, juga tidak mengangkat.

Punya 6 Paket Pekerjaan

Data Badan Koordinasi dan Pengawasan Daerah Laskar Anti Korupsi Indonesia wilayah Sumatera Barat, Joni Hendra mengatakan, CV Excellent memiliki 6 paket pekerjaan di tahun anggaran 2022 ini.

Salah satunya yang tengah dikerjakan CV Excellent, beralamat di Jorong Sitapuang, Nagari Balai Gurah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam.

"Kita berharap, pihak terkait seperti instansi Kejaksaan Negeri (Kejari) dan pihak kepolisian (Penyidik Tipikor) agar bisa turun tangan meneliti setiap paket pekerjaan tengah dikerjakan CV. Excellent, mengingat paket pekerjaan konstruksi di Agam cukup banyak dikerjakan perusahaan tersebut," katanya.

Menurutnya, pada paket pekerjaan dam tebing di SDN 28 Selasa Tengah, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, pekerjaan runtuh saat volume pekerjaan mendekati 100 persen.

Saat ini, kata Jon, pekerjaan ulang Dam tebing SDN 28 Selasa Tengah oleh rekanan sangat dibutuhkan pengawasan ekstra ketat oleh konsultan pengawas dan masyarakat sekitar.

Dikatakan Jon, CV Excellent juga mengerjakan Renovasi Puskeswan Kecamatan Ampek Angkek dengan nilai penawaran Rp420.659.340.

Belanja Modal Pembangunan Lapangan Bola Basket SMPN 3 Ampek Angkek, dengan nilai penawaran Rp109.785.000. Belanja Modal Rehabilitasi Ruang Kelas SMPN 1 Kamang Magek, dengan nilai penawaran Rp198.455.000.

Pembangunan Irigasi Belakang Surau Simpang Garinggiang, Simpang Balingka, Jorong Pambatan, dengan nilai penawaran Rp 181.258.000, dan Pembangunan Irigasi Jorong Sawah Ladang, Nagari Magek, dengan nilai penawaran Rp 149.741.000.

"Melihat riwayat pekerjaan CV Excellent, tentunya harus dipastikan kualitas pekerjaannya," jelas Jon. (ham)

Disclaimar:
Wartawan valoranews masih menghubungi Direktur CV Excellent dan Kadisdik Agam untuk mendapatkan konfirmasi. Selanjutnya, hasil konfirmasi akan segera diupdate.

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar