Gubri Temui Wamendes PDTT, Ini yang Dibicarakan

Kamis, 28 Juli 2022, 17:29 WIB | Kabar Daerah | Nasional
Gubri Temui Wamendes PDTT, Ini yang Dibicarakan
Gubernur Riau, Syamsuar menemui Wamendes PDTT RI, Budi Arie Setiadi di ruang kerjanyanya, Kamis. Keduanya berdialog tentang indikator kemajuan desa. (humas)

JAKARTA (28/7/2022) - Gubernur Riau, Syamsuar menemui Wakil Menteri Desa Pembangunan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) RI, Budi Arie Setiadi. Pertemuan itu dalam rangka untuk melaporkan perkembangan kemajuan desa yang ada di Riau.

Syamsuar menuturkan, selain melaporkan perkembangan desa, kunjungan ke Kemendes PDTT itu juga sekaligus minta petunjuk terhadap indikator kemajuan desa.

Dalam kesempatan itu, Gubri Syamsuar juga menyampaikan laporan adanya sejumlah permasalahan terkait indikator perkembangan kemajuan desa di Riau.

Ia menerangkan, pihaknya telah membuat usulan terhadap adanya perubahan indikator yang diharapkan juga bisa disetujui oleh Kemendes PDTT.

Baca juga: 400 Ribu Konten Judi Online Diblokir Kemenkominfo

"Contohnya, desa sangat tertinggal di Riau ini berada di hutan lindung, sementara di hutan lindung belum ada infrastruktur jalan darat. Termasuk daerah yang sulit (ditempuh), karena aksesnya melalui sungai," ucapnya, di Jakarta, Kamis.

Syamsuar mengungkapkan, karena berada di kawasan hutan lindung, akses desa tersebut jauh dari Puskesmas, dan jarang Petugas Kesehatan ada di desa. Kemudian, juga internet tidak bisa, dan beberapa indikator lainnya.

"Misalnya seperti internet beliau (Wamendes PDTT) akan mengusulkan ke Kementerian Kominfo agar bisa mendukung ini (desa) belum yang belum memiliki internet," ucapnya.

"Untuk nakes terutama dokter, kita usulkan indikator dokter melakukan peninjauan ke desa sekaligus pelayanan ke desa, untuk mengetahui adanya masyarakat yang sakit. Bukan berarti nakes tinggal di desa, tapi mereka turun ke desa yang ditentukan harinya sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan", ujarnya.

Gubri menambahkan, sejak tahun 2019 lalu, Pemprov Riau telah menyalurkan Bantuan Keuangan Khusus desa termasuk untuk BUMDes, stunting, masyarakat miskin, posyandu dan lain lain. Bantuan Keuangan Khusus itu bertujuan untuk meningkatkan ekonomi desa di Riau.

Untuk itu terangnya, dari pertemuan itu, jika ada kendala dalam penyaluran bantuan keuangan, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di Riau bisa berkonsultasi dengan Kemendes PDTT.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: