Syamsuar dan Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Dayun, Ini yang Dilihat

Al Imran | Sabtu, 20-08-2022 | 22:27 WIB | 113 klik | Nasional
<p>Syamsuar dan Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Dayun, Ini yang Dilihat<p>

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno dan Syamsuar (gubernur Riau) saat mengunjungi Desa Wisata Dayun di Kabupaten Siak, Riau, Sabtu. (humas)

PEKANBARU (20/8/2022) - Gubernur Riau, Syamsuar bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Dayun di Kabupaten Siak, Riau, Sabtu.

Kedatangan Sandiaga Uno dan Syamsuar, disambut antusias Bupati Siak, Alfedri bersama ribuan warga Desa Dayun.

Tujuan kedatangan Sandiaga Uno, untuk melihat perkembangan Desa Wisata terbaik di Provinsi Riau yakni Desa Wisata Embung Terpadu Kampung Dayun.


Syamsuar menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga beserta rombongan, lantaran telah datang di Kawasan Desa Wisata Embung Terpadu Kampung Dayun.

Ia menjelaskan bahwa Desa Dayun tersebut, sebelumnya adalah desa yang menjadi langganan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Kemudian, di kawasan itu dibangun embung untuk menampung air hujan untuk pencegahan Karhutla.

Namun, setelah tidak terjadi lagi karhutla di kawasan tersebut, warga setempat memiliki inisiatif untuk menjadikan Kampung Dayun menjadi desa wisata.

"Kampung Dayun ini dulunya sering sekali terjadinya kebakaran, memang di sini sekelilingnya lahan gambut. Apa lagi kawasan ini juga berdekatan dengan Danau Zamrud," terangnya.

"Namun, saat ini telah menjadi desa wisata. Tentunya ini atas dukungan dan perhatian Pemerintah Daerah, sehingga setelah tidak ada kebakaran lahan, desa ini menjadi desa wisata," jelasnya.

Ia menerangkan, pada tahun 2021 lalu, Desa Wisata Kampung Dayun telah meraih juara 1 anugerah desa wisata tingkat Provinsi Riau. Sehingga menurutnya, wajar jika desa ini dapat masuk 50 besar desa tebaik di Indonesia.

"Tahun lalu kampung dayun ini merupakan wisata terbaik di Riau. Jadi tak salah lagi dari tim dewan juri sampai ke sini, sehingga dapat masuk nominasi 50 besar desa wisata terbaik Indonesia," terangnya.

Sementara itu, Sandiaga Uno, mengatakan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 telah melalui prose kurasi yang ketat dari dewan juri.

"Ini dewan juri yang menentukan bahwa Desa Dayun yang menjadi terpilihnya 50 desa terbaik di Indonesia," katanya.

Sandiaga memberi apresiasi, lantaran Kampung Dayun memiliki paket komplit. Menurutnya, kawasan wisata itu bisa membuka peluang usaha untuk masyarakat sekitar.

"Saya menyampaikan, bahwa inilah desa wisata yang menunjukkan paket komplit. Di mana di desa ini terdapat embung yang menjadi sumber air untuk memadamkan kebakaran hutan."

"Kemudian, Allah SWT membukakan peluang usaha dan sekarang kita lihat di sini dikunjungi banyak wisatawan," ucap Sandiaga seraya memberikan pujian.

Sandiaga berharap, Kawasan Embung Terpadu Desa Wisata Kampung Dayun bisa berkolaborasi menampilkan pariwisata yang berbasis masyarakat dan berkelanjutan.

"Kawasan embung terpadu ini diharapkan terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi menampilkan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan."

"Marilah menjadi pembangun semangat. Bukan Indonesia membangun desa, tetapi desalah yang membangun Indonesia," tandas Sandiaga Uno. (adv)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar