Syamsuar dan Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Dayun, Ini yang Dilihat

Sabtu, 20 Agustus 2022, 22:27 WIB | Kabar Daerah | Nasional
Syamsuar dan Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Dayun, Ini yang Dilihat
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno dan Syamsuar (gubernur Riau) saat mengunjungi Desa Wisata Dayun di Kabupaten Siak, Riau, Sabtu. (humas)

PEKANBARU (20/8/2022) - Gubernur Riau, Syamsuar bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Dayun di Kabupaten Siak, Riau, Sabtu.

Kedatangan Sandiaga Uno dan Syamsuar, disambut antusias Bupati Siak, Alfedri bersama ribuan warga Desa Dayun.

Tujuan kedatangan Sandiaga Uno, untuk melihat perkembangan Desa Wisata terbaik di Provinsi Riau yakni Desa Wisata Embung Terpadu Kampung Dayun.

Syamsuar menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga beserta rombongan, lantaran telah datang di Kawasan Desa Wisata Embung Terpadu Kampung Dayun.

Baca juga: Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata Halal

Ia menjelaskan bahwa Desa Dayun tersebut, sebelumnya adalah desa yang menjadi langganan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Kemudian, di kawasan itu dibangun embung untuk menampung air hujan untuk pencegahan Karhutla.

Namun, setelah tidak terjadi lagi karhutla di kawasan tersebut, warga setempat memiliki inisiatif untuk menjadikan Kampung Dayun menjadi desa wisata.

"Kampung Dayun ini dulunya sering sekali terjadinya kebakaran, memang di sini sekelilingnya lahan gambut. Apa lagi kawasan ini juga berdekatan dengan Danau Zamrud," terangnya.

"Namun, saat ini telah menjadi desa wisata. Tentunya ini atas dukungan dan perhatian Pemerintah Daerah, sehingga setelah tidak ada kebakaran lahan, desa ini menjadi desa wisata," jelasnya.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Baso, Wagub Sumbar Usulkan Nagari Tabek Panjang Ikuti Ajang Desa Wisata, Ini Alasannya

Ia menerangkan, pada tahun 2021 lalu, Desa Wisata Kampung Dayun telah meraih juara 1 anugerah desa wisata tingkat Provinsi Riau. Sehingga menurutnya, wajar jika desa ini dapat masuk 50 besar desa tebaik di Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: