Komisi XI DPR RI Datangi Sumbar Terkait Inflasi yang tembus Angka 8,01 Persen

Sabtu, 10 September 2022, 21:47 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Komisi XI DPR RI Datangi Sumbar Terkait Inflasi yang tembus Angka 8,01 Persen
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan penjelasan tentang inflasi di Sumbar saat menerima kunjungan kerja spesifik Komisi XI DPR RI, dalam rangka fungsi pengawasan ke Provinsi Sumbar terkait inflasi daerah, di Padang, Jumat. (humas)

PADANG (9/9/2022) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), terus berupaya melakukan berbagai langkah strategi guna menekan laju inflasi.

"Upaya yang kita lakukan diantaranya menjaga suplai pangan, ketersediaan pupuk, hingga mengintervensi pasar melalui operasi pasar dan pameran," ungkap Mahyeldi saat menerima kunjungan kerja spesifik Komisi XI DPR RI, dalam rangka fungsi pengawasan ke Provinsi Sumbar terkait inflasi daerah, di Padang, Jumat.

Terkait pupuk, diakuinya, terjadi kendala akibat dari perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan salah satu komponen impornya terhambat. Sehingga, berdampak pada lambatnya distribusi pupuk kepada petani. Meski begitu, dia mengatakan, Pemprov Sumbar mendorong para peternak untuk mengolah pupuk organik.

Upaya lainnya, lanjut Mahyeldi adalah dengan optimalisasi kelompok wanita tani (KWT) serta menggelar pameran. Salah satunya yang terdekat adalah pameran terbesar "Sumbar Malagak" pada 29 September mendatang.

Baca juga: BI Sumbar Gelar Silaturahmi Idul Fitri, Gubernur: Bencana Alam Pengaruhi Inflasi

"Mudah-mudahan dengan kehadiran Komisi XI hari ini ke Sumbar, akan menambah semangat kami dan juga memberikan masukan berharga untuk terus menekan inflasi di Provinsi Sumbar," ujar dia.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Febrio Kacaribu.

Menurutnya, dengan tingkat inflasi Sumbar saat ini mencapai 8,01 persen, diperlukan perhatian stakeholder terkait, dan koordinasi yang baik diantara TPKAD serta TPID.

"Kami juga terus berperan aktif menjaga stabilitas melalui optimalisasi distribusi. Mohon dukungan dari Komisi XI," kata Febrio.

Baca juga: Kendalikan Inflasi, Gubernur Sumbar Kumpulkan TPID, Tinjau Gudang Bulog dan Cek Harga Sembako

Turut hadir mendampingi gubernur, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar Heru Pudyo Nugroho dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumbar Jambi, Retno Sri Sulistyani, serta sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: