Pariwisata Halal, Mahyeldi: Digitalisasi dan Ramah Tamah Keniscayaan

Senin, 12 September 2022, 14:04 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
Pariwisata Halal, Mahyeldi: Digitalisasi dan Ramah Tamah Keniscayaan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan arahan pada Sosialisasi Digital, Pasar Modal & Sosialisasi Perda bagi wali nagari se-Kabupaten Agam bersama pimpinan Telkom & Pasar Modal Sumatera Barat di Aula Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Sabtu. (humas)

BUKITTINGGI (11/9/2022) - Salah satu hikmah pandemi Covid19 adalah terjadinya percepatan penggunaaan teknologi.

Dengan canggihnya teknologi saat ini, memberikan banyak manfaat seperti menghemat waktu, biaya yang murah dan dapat menjangkau daerah yang luas, bahkan ke luar negeri sekalipun.

Penggunaan internet sangat berpengaruh terhadap pengembangan sektor wisata dan ekonomi di nagari-nagari di Agam.

UMKM yang berkembang di Agam bisa menggunakan platform digital untuk berjualan, selain itu platform digital bisa juga digunakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memasarkan desa wisata di nagari masing-masing.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, dalam acara Sosialisasi Digital, Pasar Modal & Sosialisasi Perda bagi wali nagari se-Kabupaten Agam bersama pimpinan Telkom & pasar modal Sumatera Barat di Aula Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Sabtu.

"Kuncinya adalah akses jaringan. Alhamdulillah disini ada PT Telkom Indonesia yang akan menyosialisasikan dan berbagi info mengenai pengembangan digitalisasi," ujar Mahyeldi.

Dikatakan, hal tersebut memberikan dampak positif terutama bagi niniak mamak beserta anak kemanakan bisa menjual produk yang dihasilkan dan desa wisata yang ada di Agam bisa di pasarkan melalui online, apalagi ada lebih dari 10 nagari di Agam yang potensial untuk dikembangkan.

"Apalagi ada program 'Bunga' (Bupati Ngantor Di Nagari), hal tersebut bisa meningkatkan sektor pariwisata di nagari-nagari."

Baca juga: 67 Pengusaha Randang Berhimpun di Hipermi, Gubernur: Tembus Pasar Nasional hingga Internasional

"Diharapkan para kepala instansi disana dapat menshare kegiatan mereka di nagari ke media sosial, sehingga banyak orang yang tertarik berkunjung ke daerah tersebut," ujar Mahyeldi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: