Gempa 5,1 SR Menggeliat di Segmen Megathrust Mentawai-Siberut Malam Ini

Kamis, 15 September 2022, 23:21 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Gempa 5,1 SR Menggeliat di Segmen Megathrust Mentawai-Siberut Malam Ini
Infografis BMKG RI.

PADANG (15/9/2022) - Gempa dengan magnitudo 5,1 SR terjadi pukul 22.24 WIB Kamis malam ini. Lokasinya berada pada 2.05 LS dan 99.53 BT.

Gempa yang berada pada kedalaman 25 Km di segmen Megathrust Mentawai-Siberut ini, dilaporkan BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pusat gempa, berada pada 5 km Barat Daya Mentawai atau 7 km Barat Daya Tuapejat atau 139 km Barat Daya Pesisir Selatan atau 171 km Barat Daya Padang.

BMKG kemudian mengupdate parameter gempa dengan magnitudo 4,8 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,07 LS ; 99,53 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 2 Km arah Barat Laut Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 29 km.

Baca juga: Kafilah Da'wah Ramadhan 1445 H, Dewan Da'wah Kirim 14 Dai Muda ke Mentawai dan Pessel

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ungkap Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Dikatakan Daryono, gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Sipora dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Untuk daerah Padang dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga: Pemilu 2024, PDI Perjuangan Raih Suara Terbanyak di Dapil Sumbar 8, 6 Petahana Bertahan

Hingga pukul 22.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: