Dihadiri 4 Anggota DPRD, Camat Nanggalo Lantik LPM Kampung Lapai

Al Imran | Minggu, 18-09-2022 | 16:46 WIB | 366 klik | Kota Padang
<p>Dihadiri 4 Anggota DPRD, Camat Nanggalo Lantik LPM Kampung Lapai<p>

Camat Nanggalo, Magdalena melantik kepengurusan LPM Kampung Lapai yang diketuai Sonny Affandi, Sabtu malam. (veri rikiyanto)

PADANG (17/9/2022) -Suasana semarak mewarnai pelantikan kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelurahan Kampuang Lapai Kecamatan Nanggalo Padang, Sabtu malam

Sempat tertunda akibat hujan lebat yang turun sejak sore, pelantikan yang dikemas layaknya Alek Nagari tersebut, dihadiri tokoh masyarakat, pejabat dan warga Kecamatan Nanggalo, khususnya warga Kelurahan Kampuang Lapai.

Selain menampilkan aneka kesenian khas Minang, para tamu dan seluruh masyarakat yang hadir, juga dapat menikmati salah satu kuliner khas daerah yakni Sate Padang secara gratis.


Hadir tiga anggota DPRD Padang dari daerah pemilihan (Dapil) Padang V yakni Mastilizal Aye, Faisal Nasir dan Oesman Ayub, serta Maigus Nasir anggota DPRD Sumbar yang juga berasal dari Kecamatan Nanggalo.

Sementara dari unsur pemerintah, hadir Asisten I Setdako Padang Edi Hasymi yang mewakili Wali Kota Padang, Hendri Septa, Kabag Kesra, Fuji Astomi yang juga mantan Camat Nanggalo, Camat Nanggalo Magdalena, Lurah Kampuang Lapai, Wahyudi Edwar serta mantan Lurah Kampuang Lapai, Yosdeki.

Camat Nanggalo, Magdalena seusai melantik pengurus LPM periode 2022-2025 mengatakan, keberadaan LPM memiliki peran strategis dalam upaya pembangunan.

"Kita selalu berkolaborasi dengan LPM dalam pembangunan Kampuang Lapai, kita berharap dapat semakin bersinergi dalam mengatasi permasalahan pembangunan di wilayah Kecamatan Nanggalo termasuk di Kelurahan Kampuang Lapai," kata Magdalena.

Sementara, Ketua LPM Kampuang Lapai, Sonny Affandi mengatakan, pihaknya bersama seluruh lapisan masyarakat siap berkolaborasi dan meningkatkan sinergi dengan pemerintah maupun wakil rakyat, guna membangun Kampuang Lapai, baik dari segi sarana dan prasarana, maupun perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

"Kita bertekad menjadikan LPM sebagai wadah menampung kendala dan persoalan yang ada di Kampuang Lapai," ungkap Sonny.

"Saya yakin dengan adanya dukungan dan sinergi antara Pemko Padang dan DPRD, maka persoalan-persoalan tersebut dapat terselesaikan dan menjadikan Kampuang Lapak kelurahan Rancak, Mantap l, Kuat, Sejahtera dan Beriman," tegasnya.

Sonny menjelaskan, LPM Kampuang Lapai juga turut berperan aktif dalam menyukseskan program Padang Bergoro, dengan mengadakan gotong-royong rutin di setiap RT/RW.

"Selama pandemi Covid-19, LPM Kampuang Lapai juga turut memfasilitasi kegiatan vaksinasi, pembagian masker, penyemprotan disinfektan, hingga membantu sembako untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19," tutur Sonny.

Saat ini, lanjut Sonny, fokus utama pembangunan di Kampuang Lapai adalah penanganan masalah banjir yang kerap melanda wilayah tersebut.

"Kami berharap dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dan anggota DPRD baik Kota Padang maupun Provinsi Sumatera Barat, maka persoalan banjir di Kampuang Lapai dapat segera teratasi," ungkapnya.

Wali Kota Padang yang diwakili Asisten I, Edi Hasymi mengatakan, LPM adalah mitra kelurahan, apapun masalah harus disinergikan, dibicarakan dan dimusyawarahkan, sehingga menjadi cikal bakal menjadi program ditingkat kota.

Terkait masalah banjir, ia mengatakan, sudah sepakat untuk mengawal, sementara untuk anggaran, dengan adanya tiga anggota DPRD Padang dan satu anggota DPRD Provinsi, bukan jadi suatu permasalahan.

"Kita akan meminta PUPR untuk mensurvei kembali inti permasalahannya, untuk selanjutnya dibuat perencanaan perbaikan. Saya harap, tahun 2024 permasalahan banjir di Kampuang Lapai dapat diatasi," tukasnya.

Kegiatan juga diisi dengan pisah sambut antara mantan Lurah Kampuang Lapai, Yosdeki pada penggantinya, Wahyudi Edwar. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar